Industri & Perdagangan

Malaysia Hapus Aturan Masker, Ridwan Bae: Jadi Pertimbangan Untuk Penerbangan Indonesia

Malaysia Hapus Aturan Masker, Ridwan Bae: Jadi Pertimbangan Untuk Penerbangan Indonesia
Suasana Bandara Internasionak Soekarno Hatta/Foto: Anjasmara

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM-Wakil Ketua Komisi V DPR RI Ridwan Bae menegaskan kebijakan Malaysia yang sudah menghapus aturan kewajiban memakai masker di pesawat bisa menjadi pertimbangan untuk Indonesia.

Ridwan menyatakan industri  penerbangan Indonesia juga harus terus memantau perkembangan  terkait kebijakan penggunaan masker tersebut.

Namun, ia menyebut akan lebih baik persoalan kebijakan memakai masker di pesawat dikembalikan lagi kepada kebutuhan masyarakat Indonesia.

Selain itu, menurut Ridwan Bae, hal ini menjadi catatan juga bagi pemerintah Indonesia untuk tidak ada paksaan kepada masyarakat soal kebijakan masker tersebut.

“Jadi jangan sampai ada paksaan kepada masyarakat untuk diharuskan memakai masker di pesawat,” kata Ridwan kepada Wartawan, Sabtu (1/10/2022).

Politisi Partai Golkar tersebut juga menuturkan kebijakan masker tersebut tergantung pada kebutuhan masyarakat,   namun tetap dengan catatan tertentu.

Dalam hal ini, ujar Ridwan sektor penerbangan juga perlu menyiapkan aturan bagi masyarakat yang ingin melepaskan masker di pesawat.

“Prokes tetap penting jadi ada catatan tertentu bila ingin lepas masker asal jangan ada paksaan terhadap masyarakat,” tuturnya.

Menutup pernyataanya, Mantan Bupati Muna tersebut menyatakan saat ini angka covid di Indonesia sudah melandai.

Meski begitu, Ia menyatakan baik masyarakat dan pihak terkait seperti pemerintah dan pengelola sektor penerbangan harus tetap bekerja sama untuk tidak lengah.

“Angka covid sudah melandai sekarang jadi bisa sedikit dilonggarkan tapi tetap jangan lengah,” tutupnya.

Sebelumnya, Malaysia tak lagi mewajibkan penggunaan masker di dalam pesawat. Ini berlaku setelah Malaysia mencabut aturan wajib masker di dalam ruang pada awal September.

Dalam pernyataan resmi pada Rabu (28/9/2022), Menteri Kesehatan Malaysia Khairy Jamaluddin mengatakan aturan bebas masker di pesawat ini akan berlaku secepatnya.***

Penulis    :   Iwan Damiri

Editor      :   Eko

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top