Nasional

Lukman Edy: Orang Asing Tak Bisa Jadi Capres-Cawapres

MALANG, Anggota MPR RI dari FPKB M.Lukman Edy menegaskan jika orang asing tak bisa menjadi capres atau wapres dalam pilpres 2019.

“Presiden Indonesia itu harus orang Indonesia asli. Bahkan kalau ada capres atau cawapres bersuami atau beristri orang asing jugbtak bisa,” kata Lukman Edy dalam sosialisasi 4 pilar metode bela negara di Batu, Malang Jatim, Santu (18/11/2017).

Karena itu kata Wakil Ketua Komisi II DPR itu, capres dan cawapres itu betul-betul sesuai dengan ketentuan UUD NRI Tahun 1945.

Dan, tetap harus dicalonkn oleh partai politik. Karena itu parpol harus selektif dalam memilih calon pemimpin negara.
“Jadi, parpol menjadi filter dalam menjaring calon pemimpin bangsa,” kata pimpinan Badan Penganggaran MPR ini.

Dengan demikian kalau ada calon presiden atau wakil presiden membawa kepentingan asing pun tidak boleh.

Untuk itu seleksi itu sangat penting. Sehingga tanpa ada filterisasi capres dan cawapres maka akan rawan intervensi asing. “Nah, untuk menjaga integritas capres dan cawapres maka harus difilter, diseleksi dengan ketat, agar tak ada ruang untuk melakukan internalisasi nilai-nilai kebangsaan,” pungkas Lukman.

Sosialisasi 4 pilar dengan metode Pendidikan Bela Negara ini diikut 100-an mahasiswa anggota Resimen Mahasiswa (Menwa) dari 22 perguruan tinggi se- Jawa Timur.

Sebagai salah satu metode sosialisasi 4 Pilar maka semua peserta diwajibkan mengikuti seluruh kegiatan, baik indoor (kelas) maupun outdoor atau outbound.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top