Nasional

Lukman Edy: Gempa Tidak Pengaruhi Pilkada Serentak Aceh

JAKARTA, Gempa di Aceh yang terjadi pada Rabu (7/12/2016) pukul 05.03 Wib, dan telah mengakibatkan 25 korban tewas, dan puluhan luka-luka tersebut tidak berpengaruh terhadap pelaksanaan Pilkada serentak di Aceh Darussalam. Pilkada harus jalan terus.

“Justru dengan musibah gempa ini menjadi momentum sangat tepat bagi kandidat calon gubernur, bupati, dan walikota di seluruh Aceh Darussalam untuk turun ke lapangan membantu masyarakat yang menjadi korban gempa itu,” tegas Ketua Pansus RUU Pemilu Lukman Edy pada wartawan di Gedung DPR RI Jakarta, Rabu (7/12/2016).

Untuk itu kata politisi PKB Pilkada di daerah terdampak gempa, banjir, dan sebagainya Pilkada-nya jalan terus. “Pilkada di daerah tedampak bencana jalan terus dan tidak terpengaruh dengan bencana.
Justru para kandidat diharapkan membantu masyarakat,” ujarnya singkat.

Sementara itu operasi pencarian dan penyelamatan korban jiwa akibat gempa bumi di Kabupaten Pidie Jaya sekitar pukul 05.03 WIB, Rabu (7/12/2016) pagi terus dilakukan oleh tim gabungan dari BPBD, TNI, Polri, Basarnas, Tagana, PMI, relawan dan masyarakat.

“Hingga Rabu (7/12/2016) pukul 11.00 WIB, tim SAR telah menemukan 25 korban tewas dan 26 orang luka berat,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Sutopo Purwo Nugroho, melalui keterangan tertulisnya, Rabu. Korban dirujuk ke RSUD Pidie Jaya dan puskesmas.

Sutopo menyebutkan, data kerusakan bangunan bertambah. Data sementara, di Kabupaten Pidie Jaya terdapat 72 unit ruko roboh, beberapa tiang listrik roboh, beberapa ruas jalan rusak.
Selain itu, kata dia,15 unit rumah rusak berat, 5 unit masjid roboh, 1 unit gedung STAI AL-Azziziyah roboh, dan 1 unit bangunan toko roboh.

Sedangkan di Kabupaten Bireuen terdapat 2 unit rumah roboh dan 1 unit masjid roboh. Upaya penanganan terus dilakukan dengan fokus utama pada pencarian dan penyelamatan korban yang tertimpa bangunan yang roboh.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pidie Jaya dan BPBD Pidie bersama TNI, Polri, Basarnas, SKPD, Tagana, PMI, relawan dan lainnya melakukan penanganan di lokasi. “Posko BNPB terus melakukan koordinasi dengan BPBD untuk melakukan pendataan. Pendataan dampak gempa terus dilakukan oleh BPBD,” kata Sutopo.

BMKG Aceh merilis, gempa 6,4 skala Richter itu terjadi pada pukul 05:03 WIB, dengan lokasi 5.19 lintang utara (LU), 96.36 Barat Timur (BT) dan 18 kilometer timur laut Kabupaten Pidie Jaya, di kedalaman10 kilometer.

Gempa juga kuat dirasakan di Kabuaten Pidie Jaya dan meluas di beberapa wilayah Aceh antaranya, Pidie, Aceh Besar, Sabang, Bireun, Lhokseumawe.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top