Perbankan

LPS Sebut 6 BPR Bangkrut Tiap Tahun

LPS Sebut 6 BPR Bangkrut Tiap Tahun
Ilustrasi nasabah bank/Foto: Anjasmara

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM- Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) mengungkapkan bahwa sekitar 6 bank Perekonomian rakyat (BPR) yang bangkrut setiap tahun. Kejadian ini terjadi sejak situai perekonomian normal atau sebelum pandemi Covid-19 melanda, hingga saat ini. “BPR yang bangkrut rata-rata setiap tahun, dan bukan tahun ini aja, sebelum -sebelum krisis Covid juga rata-rata itu kalau kita lihat 6 BPR jatuh setiap tahun,” kata Ketua Dewan Komisioner LPS, Purbaya Yudhi Sadewa di Jakarta, Jumat (26/5/2023).

Lebih jauh Purbaya menjelaskan bahwa penyebab banyaknya BPR bangkrut bukan disebabkan oleh pengaruh perekonomian nasional saja. Tetap karena tata kelola bisnis bank yang kurang baik. Umumnya karena fraud di BPR tersebut,” ujarnya.

Purbaya menambahkan, dengan melihat data historis tersebut, pada 2023 diperkirakan akan ada 6-7 BPR yang bakal bangkrut. “Tapi sampai sekarang masih relatif minimum yang masuk ke kami, ada beberapa tapi dari size dan jumlah belum menunjukkan atau menunjukkan ada perburukan ekonomi,” pungkasnya.***

Penulis : Chandra
Editor   : Chandra

 

Print Friendly, PDF & Email

BERITA POPULER

To Top