Nasional

Lima Deputi KSP Dilantik Moeldoko

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM – Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko melantik lima deputi di Gedung Bina Graha, Jakarta, Senin (22/6/2020). Salah satu yang dilantik adalah mantan ketua KPU Juri Ardiantoro selaku Deputi IV KSP yang membidangi informasi dan komunikasi.

Sebelum menjabat Deputi IV KSP, Juri merupakan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 2016-2017 menggantikan Husni Kamil Manik yang meninggal dunia pada 7 Juli 2016.

Juri, aktivis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia ( PMII) Jakarta kelahiran Brebes, 6 April 1973 ini merupakan lulusan Universitas Negeri Jakarta, lalu melanjutkan ke jenjang S2 di Universitas Indonesia, hingga menempuh jenjang S3 di Universiti Malaya, Malaysia.

Juri meniti karier di bidang kepemiluan sejak aktif sebagai salah satu pendiri Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP). Ia pun menjabat Sekretaris Jenderal KIPP pada 2003. Kemudian, ia terpilih sebagai Komisioner KPUD DKI Jakarta periode 2008-2013. Kariernya di bidang kepemiluan terus menanjak dengan terpilihnya dia sebagai anggota KPU periode 2012-2017.

Hingga akhirnya ia terpilih sebagai Ketua KPU menggantikan Husni Kamil Manik yang meninggal dunia. Selepas menjabat Ketua KPU, Juri aktif sebagai anggota Tim Kampanye Nasional Joko Widodo-Ma’ruf Amin di masa kampanye Pemilu 2019. Ia menjabat Wakil Direktur Hukum dan Advokasi Tim Kampanye Nasional Joko Widodo-Ma’ruf Amin.

Kelima orang yang dilantik ialah:
1. Febry Calvin Tetelepta sebagai Deputi I bidang Infrastruktur, Energi dan Investasi
2. Abetnego Panca Putra Tarigan sebagai Deputi II bidang Pembangunan Manusia
3. Panustan S Sulendrakusuma sebagai Deputi III bidang Perekonomian 4. Juri Ardiantoro sebagai Deputi IV Bidang Informasi dan Komunikasi Politik
5. Jaleswari Pramodhawardani sebagai Deputi V Bidang Politik, Hukum, Keamanan dan HAM.

Dalam sambutannya, Moeldoko menegaskan, amanah diberikan atas dasar sebuah prestasi. Sebab, jabatan deputi di lingkungan KSP adalah sebuah penilaian yang panjang.

“Saya ingin membangun tradisi agar regenerasi dalam KSP menjadi baik, Semua punya kesempatan menjadi deputi. Organisasi ini agar berjalan lebih baik, tidak ada penilaian yang subyektif bukan atas dasar suka atau tidak suka,” kata Moeldoko.

Menurut Moeldoko, jabatan deputi di KSP memiliki tanggung jawab sangat besar dalam membantu kerja Presiden dan Wakil Presiden. Apalagi, dalam masa pandemi Covid-19 seperti saat ini tentu dibutuhkan kerja keras, cepat dan tepat untuk menanggulangi persoalan yang ada.

Setidaknya terdapat empat hal yang harus menjadi perhatian para deputi agar penanganan Covid-19 dapat optimal. Mulai dari ketersediaan obat, perluasan testing dan tracing, ketepatan bansos, serta pengendalian angka kemiskinan dan daya beli masyarakat.

“Kita harus bisa menjaga ketahanan pangan, stabilitas ekonomi, UMKM dan investasi. Sehingga ekonomi tetap bergerak dan tumbuh ditengah pandemi ini,” pungkas Moeldoko.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top