Headline

Libur Panjang 2017, Exit Tol Sumo Perlu Diantisipasi

JAKARTA-Kepadatan lalulintas menjelang libur Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 perlu diantisipasi, termasuk
pintu keluar (exit) Tol Surabaya-Mojokerto (Sumo). Tol yang baru diresmikan Presiden Jokowi pada 19 Desember 2017 lalu diprediksi akan dibanjiri pengguna jalan. “Tol Sumo dibuka pasti akan banyak yang pakai jalan itu. Tapi bagaimana kami mengantisipasi titik keluar di Jombang itu,” kata Sekretaris Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Soebagiono dalam jumpa pers di Jakarta, Kamis, (21/12/2017).

Menurut Soebagiono, antisipasi yang dilakukan adalah dengan berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan dan kepolisian agar tidak terjadi kemacetan karena jalur yang menyempit.
“Kami prediksi akan ada `bottleneck`(sumber kemacetan) di situ. Kami koordinasi agar dari Surabaya ke Jombang jangan sampai seperti (kejadian) Brexit tahun lalu,” ujarnya.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra Zuna mengatakan kondisi tol baru itu dipastikan akan cukup ramai karena baru beroperasi. Belum lagi hingga akhir tahun 2017 Tol Sumo tidak dikenakan tarif alias gratis.

Meski tidak bisa memperkirakan volume kendaraan yang akan melewati jalan tol baru tersebut, ia menjelaskan kapasitas jalan tol mampu menampung sebanyak 46 ribu kendaraan per hari. 
“Kalau dari sisi jalan tol sendiri, dengan kapasitas tadi, cukup sebetulnya untuk menampung lalu lintas yang lewat,” katanya.

Ia mengamini pernyataan Soebagiono bahwa titik yang harus jadi perhatian adalah titik keluar tol yang bertemu dengan jalan nasional. “Namun, sekali lagi, hal-hal demikian sudah diantisipasi oleh kementerian,” katanya. ***

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top