Perbankan

Libatkan Distribusi Beras, Himbara Rekrut 35.000 Agen Laku Pandai

JAKARTA-Himpunan Bank Negara (Himbara) mengungkapkan ada sekitar 35 ribu agen perbankan dari Layanan Keuangan Tanpa Kantor untuk Keuangan Inklusif (Laku Pandai) berpontensi menjadi penjual beras. Mereka terpilih karena memang memiliki pengalaman pada komoditi tersebut. “Agen yang sudah siap itu yang sudah punya pengalaman jualan kelontong yang di dalamnya (kelontong) ada berasnya,” kata Ketua Himpunan Bank Negara (Himbara) Maryono di Jakarta, Kamis (19/4/2018).

Lebih jauh kata Dirut BTN, langkah melibatkan para agen ini, merupakan upaya pemerintah untuk mengendalikan harga.

Dikatakan Maryono, saat ini total agen perbankan yang ada di Indonesia sebanyak 60 ribu. Dari total tersebut, sebanyak 35 ribu agen siap untuk menjual beras. “Kemarin sudah diteliti ada 35 ribu agen dari kurang lebih 60 ribu agen,” tegasnya
Maryono memaparkan 35 ribu agen tersebut merupakan agen yang telah berpengalaman dalam penjualan komoditas khususnya beras.

Sementara itu, sebelumnya Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan penjualan beras melalui agen perbankan dilakukan untuk menurunkan harga beras. Sebab ia menilai semakin banyak pergerakan maka semakin mudah mendapatkan harga dengan harga terjangkau.
“Iya kan makin banyak (yang jual) kan makin bagus, seluruh pedagang beras pasar tradisional wajib menjual kalau nggak kita panggil. Ini semua Senin semua berjalan, semua harganya sama,” tutupnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top