Nasional

Lestarikan Budaya Bangsa, Ketua DPR Nonton Wayang Kautaman

JAKARTA – Ketua DPR RI Setya Novanto bersama bersama isteri, Deisti Novanto, menyaksikan Pagelaran Wayang Orang Kautaman dengan judul “Abimanyu Mandira Sungsang”. Acara digelar di Gedung Kesenian Jakarta. Menurutnya, di tengah gencarnya budaya modern dan globalisasi yang membanjiri ruang kehidupan masyarakat, maka upaya pelestarian seni dan budaya bangsa ini bukan pekerjaan yang mudah.

Karena itu Ketua Umum Golkar itu mengapresiasi pagelaran yang disutradarai Bapak Nanang Hape dan diproduseri Ibu Ira Surono ini, sebagai sebuah wujud nyata melestarikan seni budaya bangsa.

“Pagelaran Wayang Orang Kautaman menjadi tontonan sekaligus tuntunan bagi anak bangsa agar bisa meresapi dan menghargai kebudayaan yang berkepribadian khas Indonesia,” tegas Novanto dalam keterangannya pada wartawan di Jakarta, Sabtu (8/4/2017).

Hampir disetiap pagelaran wayang, begitupun di Wayang Orang Kautaman ini, mengajarkan jiwa Ksatria. “Ini sangat relevan dengan kehidupan berbangsa kita, dimana masih maraknya penghasut dan penebar kebencian untuk memecah belah bangsa,” ujarnya.

Hal seperti ini tentu tidak mungkin dilakukan oleh orang yang memiliki jiwa Ksatria. Karena itu, Jiwa Ksatria dalam pementasan pewayangan seyogyanya bisa menjadi ajaran hidup kita bersama dalam berbangsa dan bernegara.

“Jadi, saya mengajak kita semua, mari saksikan pagelaran seni budaya dalam bentuk apapun. Sehingga pagelaran semacam ini akan tetap terus tumbuh dan berkembang. Melestarikan seni dan budaya bangsa merupakan bagian dari pembangunan bangsa. Sebab, membangun manusia Indonesia seutuhnya akan terwujud apabila dilandasi dengan kepribadian yang berkebudayaan,” pungkasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top