Industri & Perdagangan

Legislator PKB Dukung Langkah Kapolri Tegakkan Aturan Tataniaga Minyak Goreng

Legislator PKB Dukung Langkah Kapolri Tegakkan Aturan Tataniaga Minyak Goreng
Pasokan Minyak Goreng Ke Pasar Modern dan Tradisional Tak Boleh Tersendat/Foto: Anjasmara

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM–Anggota Komisi III DPR, NM Dipo Nusantara Pua Upa mendukung langkah tegas Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo untuk menjaga pasokan dan ketersediaan komoditas minyak goreng di pasar tradisional dan pasar modern. Kebijakan tata niaga minyak goreng ini perlu mendapat pengawasan ketat, karena masyarakat masih sulit mencari minyak goreng, kalaupun ditemukan harganya selangit.

“Minyak goreng ini kebutuhan pokok rakyat, jadi harus benar-benar dicegah aksi tidak terpuji, misalnya penimbunan dan penyelundupan, maka harus ada sanksi keras,” katanya kepada suarainvestor.com di Jakarta, Kamis, (16/03/2022).

Kasus minyak goreng ini sudah diambil alih oleh Presiden Jokowi, lanjut Politisi PKB, maka jajaran kepolisian perlu melakukan pengawasan ketat kepada pihak produsen dan distributor. Langkah ini untuk memastikan bahwa sistem distribusi minyak goreng berjalan lancaR dan tepat sasaran. “Jadi bisa menekan adanya potensi dan celah pelanggaran terkait dengan disparitas harga dalam penjualan di pasar internasional,” ujarnya.

Legislator dari Dapil NTT I ini mendorong Satgas Pangan Bareskrim ikut berperan menjadi stabilisator harga. Tentu caranya, dengan memperlancar distribusi pasokan secara merata ke semua daerah yang saat ini masih terjadi gejolak. “Jadi perlu dichek secara teliti dan cermat. Tegakkan aturan tanpa pandang bulu, jangan ragu dan jangan sampai ada kecurangan,” terangnya lagi.

Dipo mengingatkan produsen-produsen besar CPO jangan coba-coba bermain untuk melakukan ekspor CPO dan turunannya secara diam-diam. “Jangan mempermainkan perut rakyat,” ucapnya.

Ditempat terpisah, Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Listyo Sigit Prabowo menginstruksikan kepada seluruh kapolda dan jajarannya memastikan ketersediaan minyak goreng untuk masyarakat di pasar tradisional maupun pasar modern.

Dia meminta para Kapolda dan seluruh jajarannya melakukan pengawasan ketat di pelabuhan, jalur-jalur perbatasan, hingga jalur darat untuk mencegah adanya pelanggaran dari produsen yang mencoba bermain-main untuk melakukan ekspor CPO dan turunannya secara diam-diam.

Mantan Kapolda Banten itu mengingatkan para Kasatwil harus melakukan pengawasan dalam hal penyaluran. Hal itu, itu diperlukan untuk memberikan kepastian dan jaminan minyak goreng tersebut terdistribusi ke pasar.

“Jadi ini tolong dicek semua. Agar kita tahu masalahnya dimana. Sehingga di situ kita bisa melakukan penegakan aturan. Kita lakukan penegakan hukum apabila memang itu diperlukan. Jangan sampai ada kecurangan. Mohon rekan-rekan ambil langkah di lapangan. Lakukan langkah-langkah, koordinasi dengan satgas,” tegas Sigit. ***

Penulis  :  Iwan Damiri
Editor    :  Kamsari

Print Friendly, PDF & Email

BERITA POPULER

To Top