Infrastruktur

Lamhot Dorong Kemendag Bangun Pusat Perkulakan di Humbahas

dpr.go.id

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM-Kalangan DPR mendesak Kementerian Perdagangan membangun pusat -pusat pertumbuhan ekonomi daerah, termasuk pasar rakyat dan pusat perkulakan. Karena fasilitas ini bisa menampung komoditas produk pertanian rakyat, misalnya Holtikultura dan Sayur mayur. “Pembangunan pasar resi gudang dikombinasi dengan perkulakan akan menampung hasil komoditas pertanian dan kualitas komoditi terkontrol oleh sistim resi gudang,” kata Anggota Komisi VI DPR Lamhot Sinaga kepada wartawan di Jakarta, Senin (15/3/2021).

Menurut Lamhot, pusat perkulakan atau pusat grosir di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumatera Utara sangat dibutuhkan rakyat. Apalagi pusat perkulalan/grosir ini
diharapkan bisa menjaga komoditas hortikultura terjaga dengan baik dari segi kualitas maupun harga. Terlebih dimasa-masa pasca panen. “Karena pada saat harga turun bisa disimpan, ketika harga bagus akan dilempar ke pasar. Artinya, petani untung kalau sistim berjalan baik,” ujarnya.

Pembanguan pusat perkulakan itu juga ditujukan sebagai dukungan terhadap para petani, agar produk hasil pertaniannya terintegrasi dengan hasil food estate.

“Kalau mau sukses, sistem pola tanam dengan pasca panen harus terintegrasi dengan hasil food estate. Kebetulan kita membidangi perekonomian, saya bawa Kementerian Perdagangan untuk membangun pusat pasar perkulakan,” lanjutnya.***

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top