Perbankan

KUR Peternak Sapi Perah Di Jatim Sekitar 9%

SURABAYA-Pemprov Jawa Timur memfasilitasi peternak sapi perah bisa mendapatkan pembiayaan dengan skim kredit bunga murah. Adapun skim yang diberikan sekitar 9% per tahun yang disalurkan melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR).
“Peternak di tingkat menengah difasilitasi,” kata Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf di Pasuruan, Senin (13/2/2017)

Di samping itu, kata Gus Ipul-sapaan akrabnya, pemerintah juga tengah menggalakkan program premi asuransi sapi oleh lembaga asuransi ternak, resiko yang dijamin yakni kematian dan kehilangan.

Dari total premi Rp. 200 ribu pemerintah memberikan bantuan subsidi 80% atau sebesar Rp. 160 ribu, dan peternak hanya membayar Rp40 ribu/ekor/tahun.

Terkait kebutuhan sapi indukan bagi peternak lanjutnya, Ia berharap perusahaan di bidang produksi susu mau membantu peternak melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) . 

Hal itu menjadi penting sebab idealnya peternak memiliki 9 atau 10 ekor sapi perah. Karenanya pemerintah juga akan melakukan seleksi bagi peternak yang sapinya masih kurang dan passion nya memang di bidang peternakan. 

“Intinya bagi peternak besar jangan diganggu, peternak di tingkat menengah difasilitasi, dan peternak kecil diafirmasi atau diberi bantuan. Sehingga kebutuhan konsumsi susu masyarakat bisa terpenuhi,” pungkasnya. ***

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top