Nasional

Kuliner Pakai Daging Kerbau Mulai Digencarkan

JAKARTA-Direktur Pengadaan Perum Bulog, Wahyu menegaskan masyarakat Indonesia khususnya Jawa Tengah dan Timur tidak asing dengan daging kerbau. Apalagi kerbau salah satu sumber protein yang cukup tinggi. “Soto Kudus buktinya menggunakan daging kerbau,” katanya di Jakarta.

Oleh karena itu, Wahyu yakin daging kerbau impor dari India akan bersaing dengan daging sapi. Bukan tidak mungkin konsumen sangat menikmati. Bagi masyarakat di daerah mengonsumsi daging kerbau bukan hal aneh. “Tidak terlalu banyak tantangan. Malah di Sumatera Utara, kerbau malah menjadi makanan favorit masyarakat,” terangnya.

Selain Soto Kudus tentu masih banyak lagi kuliner lainnya yang menggunakan daging kerbau. “Daerah Pantura, masyarakatnya juga terbiasa dengan daging kerbau,” ujarnya.

Menurut Wahyu, daging kerbau ini sesuatu yang pernah menjadi sumber protein bagi masyarakat. Cuma beberapa waktu terakhir tergeser. “Kini saatnya kita kembalikan,” tegasnya.

Sayangnya, kata Wahyu, distribusi daging kerbau belum bisa masuk ke Jawa Timur. Alasanya stok daging sapi di Jawa Timur melimpah. “Jawa Timur dan Jawa Tengah menolak, mereka (daging sapi lokal) sudah cukup,” jelasnya.

Diakui Wahyu, distribusi daging kerbau tidak terbatas hanya untuk Pulau Jawa, namun juga mencapai Kalimantan dan Sumatera. “Malah Gubernur Sumatera Utara minta dikirimi daging kerbau. Ada permintaan juga dari Sumatera Barat dan Kalimantan,” pungkasnya. ***

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top