Perbankan

Kucurkan Rp126 Miliar, BNI Syariah Biayai Proyek SPAM Tangsel

Kompas.com

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM-BNI Syariah mengucurkan dana Rp126 Miliar untuk membiayai proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Kali Angke, Kota Tangerang Selatan.

Total kebutuhan dana untuk proyek tersebut mencapai Rp226 Miliar. “Pembiayaan ini adalah bentuk support terhadap program pemerintah daerah yaitu air minum aman dan berkelanjutan 100 persen,” kata Direktur Utama BNI Syariah Abdullah Firman melalui siaran media, Kamis (20/8/2020).

Lebih jauh Abdullah Firman Wibowo berharap pembiayaan sindikasi ini mampu memberi kontribusi terhadap percepatan pembangunan infrastruktur air bersih warga Tangerang Selatan.

Sementara itu, Direktur Keuangan PT PP Infrastruktur Daryanto Tri Sumardono mengatakan potensi bisnis pengelolaan air minum di Indonesia masih cukup besar.

Hal ini didorong oleh beberapa faktor salah satunya konsumsi air masyarakat Indonesia
yang tinggi dan investasi di sektor ini masih terbuka lebar.

“Kami berharap pembiayaan sindikasi ini bisa menjadi awal yang baik bagi semua pihak, kami juga mendukung PT PP Infrastruktur menjadi leader penyediaan air minum di Indonesia,” kata Daryanto.

Ditempat yang sama, Direktur Utama PT Tirta Tangsel Mandiri Denny Kadarwati mengatakan, pembangunan instalasi proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Kali Angke tahap satu ini ditargetkan bisa melayani 33.000 sambungan rumah.

“Sampai saat ini yang sudah mendaftar sebanyak 5.500 pelanggan individu dan equivalent 2.200 pelanggan besar,” kata Denny.

Menurut Denny, Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Kali Angke sudah menjangkau 35 persen kebutuhan air minum masyarakat Tangerang Selatan.

Untuk meningkatkan jangkauan pemasangan, PT Tirta Tangsel Mandiri melakukan beberapa edukasi dan sosialisasi terkait kualitas air tanah dan bagaimana upaya untuk menjaga kualitas lingkungan.

Selain BNI Syariah, ada dua bank syariah lain yang turut berpartisipasi dalam sindikasi ini yakni Bank Panin Dubai Syariah dan Bank Jabar Banten Syariah.

Sindikasi ini menggunakan akad Musyarakah Mutanaqisah (MMq) yang mempunyai jangka waktu pembiayaan maksimum 120 bulan sejak ditandatangani Perjanjian Line Facility
Pembiayaan MMq.

PT Tirta Tangsel Mandiri bekerjasama dengan PT Pembangunan Investasi Tangerang Selatan (BUMD Kota Tangerang Selatan) untuk pengembangan SPAM Kali Angke di Tangerang Selatan.

Skema bisnis proyek ini dibagi menjadi tiga, yaitu Kerjasama Hulu, Kerjasama Hilir, dan Kerjasama Pengadaan Tanah. ***

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top