Nasional

KTT IORA Ditindaklanjuti dengan Jakarta Concord

JAKARTA – Konferensi Tingkat Tinggi Asosiasi Negara Lingkar Samudra Hindia (Indian Ocean Rim Association/IORA) atau KTT IORA 2017 kali ini menekankan pada pembahasan menuju IORA Action Plan yang jauh-jauh sudah dicanangkan secara secara konstruktif.

Kepada peserta sidang KTT IORA, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi melaporkan bahwa pertemuan tingkat menteri negara anggota IORA beberapa waktu sebelumnya telah menghasilkan beberapa dokumen yang salah satunya adalah ‘Jakarta Concord’. Dokumen tersebut ditandatangani para pemimpin negara anggota IORA sebagai wujud pelaksanaannya atau IORA Action Plan.

“Dokumen ini merupakan rencana aksi pertama sejak pertama kali berdirinya organisasi ini 20 tahun yang lalu. Dokumen penting ini berisikan tentang komitmen pentingnya mengimplementasikan rencana aksi bagi para anggota IORA,” kata Menlu Retno pada Sidang KTT IORA 2017 di Jakarta Convention Center, Selasa (7/3/2017).

Menlu Retno menjelaskan dokumen lain yang akan ditandatangani adalah deklarasi pencegahan dan pemberantasan terorisme, kekerasan dan ektremisme.

“Deklarasi ini bertujuan untuk menciptakan perdamaian, stabilitas dan mempromosikan pesan positif dari toleransi dan keberagaman,” beber Menlu Retno.

Retno mengatakan para negara anggota IORA mengharapkan dokumen tersebut dapat meningkatkan hubungan regional dan kerja sama antar negara-negara di Samudera Hindia, dan menjamin perdamaian dan stabilitas di kawasan di masa yang akan datang.

Menlu Retno juga berkesempatan mempersembahkan sebuah buku berjudul “IORA at 20th: Learning from the Past and Charting the Future” yang merupakan kompilasi dari kertas kerja Simposium IORA di Yogyakarta pada September 2016 yang lalu.

“Buku ini merepresentasikan pandangan dari para negara anggota IORA terhadap perkembangan organisasi di masa depan. Saya berharap buku ini bisa berkontribusi terhadap masa depan IORA,” tutup Menteri Retno.

Sidang KTT IORA 2017 mengambil tema “Penguatan Kerja Sama Maritim untuk Kawasan Samudra Hindia yang Damai, Stabil dan Sejahtera” ini berhasil membangkitkan partisipasi para anggotanya termasuk pada tingkat Kepala Negara atau Pemerintahan, menteri, dan juga delegasi bisnis serta mitra dialog. Tingkat partisipasi yang tinggi tersebut sekaligus menjadi bukti kesuksesan keketuaan Indonesia di IORA.(har/TKP)

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top