Nasional

KPU: Saksi Prabowo Tak Pernah Protes Rekapitulasi

JAKARTA, Capres Prabowo maupun Badan Pemenangan Nasional (BPN), boleh saja tuding pemilu curang bahkan menolak hasil perhitungan Komisi Pemilihan Umum (KPU), tapi saksi Prabowo, justru tak pernah protes saat pleno rekapitulasi suara pemilu.

“Seharusnya BPN Prabowo-Sandi, hanya perlu membawa data untuk memaparkan klaim kemenangan. Nantinya, data itu disandingkan dengan data milik KPU, Bawaslu, dan juga peserta pemilu. Tapi, kalau tak ada buktinya, bagaimana akan melakukan pencocokan, klarifikasi, konfirmasi terhadap keberatan-keberatan itu?” tegas KPU Hasyim Asy’ari, Kamis (16/5/2019).

Terkait BPN Prabowo yang akan menarik saksi dari rekapitulasi nasional, menurut Hasyim, hal itu tak akan memengaruhi proses dan hasil pemilu. “UU Pemilu, hanya menugaskan KPU mengundang saksi peserta pemilu sebagai bentuk transparansi. Namun kehadiran atau ketidakhadiran saksi bukan faktor penentu hasil pemilu,” jelas Hasyim singkat

Sebelumnya, Prabowo dan BPN selalu mengatakan adanya kecurangan pemilu sebagai narasi politik yang dibangun. “Kami masih menaruh secercah harapan, tapi yang jelas sikap saya adalah saya akan menolak hasil penghitungan yang curang,” kata Prabowo saat menutup acara Pemaparan Data Kecurangan Pemilu 2019 di Hotel Sahid, Jakarta, Selasa (14/5).

Anggota Dewan Pengarah BPN, Fadli Zon meyakini Prabowo – Sandi tidak akan mengajukan gugatan hasil Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 ke Mahkamah Konstitusi (MK), karena gugatan ke MK hanya akan menjadi langkah yang sia-sia.

“Saya yakin Prabowo-Sandi tidak akan menempuh jalan ke MK,” kata Fadli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (15/5).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top