Nasional

Komisi XI DPR Gelar Uji Kepatutan Calon Anggota BPK RI

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM – Komisi XI DPR RI melakukan uji kepatutan dan kelayakan terhadap 18 orang calon Anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI masa jabatan 2019 – 20124. Uji kepatutan tersebut akan berlangsung hingga Rabu (25/9) dan akan diumumkan di paripurna DPR pada Kamis (26/9) mendatang..

Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Soepriyatno mengatakan mekanisme uji kepatutan itu dibagi menjadi tiga (3) sesi. Pertama sebanyak 7 orang, kedua 6 orang, dan sesi ketiga 5 orang.

“Waktu yang diberikan maksimal selama 45 menit, terdiri atas 15 menit untuk mempresentasikan makalahnya, dan 30 menit berikutnya untuk tanya jawab,” tegas Soepriyatno saat memimpin fit and proper test calon anggota BPK RI di Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Senin (23/9/2019).

Sementara itu ke-18 orang calon tersebut yang berasal dari latar belakang profesi adalah: Eddy Suratman, Denny Suriandhi, Adi Supanggyo, Edhi Mulyono, Sutrisno, Dachamer Munte, Blucer Welington Rajagukguk, Shohibul Imam, Wisnuntoro, Akhmad Muqowam, Ernita Wahyu Astami, Amrizal, Haerul Saleh, Deddy Supriady Bratakusumah, Arry Widiatmoko, Soemardjijo, Fontian Munzil, dan Yves S Palambang.

Sebelumnya sebanyak 62 calon anggota BPK sudah mengikuti uji kepatutan tersebut dan hasilnya tinggal 32 orang, namun hasil itu dikembalikan oleh pimpinan DPR RI, karena dinilai tidak melalui prosedur yang benar. Dan, Komite IV DPD RI pun lalu melakukan uji keptutan, dan hasilnya sebanyak 15 orang telah merekomendasikan ke DPR RI untuk mendapat pertimbangan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top