Nasional

KH. Ma’ruf Amin Disambut Puluhan Ribu Emak-Emak Di Serang

SERANG, Cawapres Ma’ruf Amin menyebut ibu-ibu sangat antusias mendukungnya saat melakukan kampanye akbar di Banten. Ma’ruf mengungkapkan, sekitar 15 ribu tenda yang disediakan untuk massa kampanye semuanya habis diisi oleh ibu-ibu.

“Siang sampai sore hari, alhamdulillah banyak kiai datang dari berbagai daerah juga dan ibu-ibu lebih lagi, sehingga tenda yang 15 ribu itu habis (diisi) sama ibu-ibu sehingga bapak-bapaknya tinggal di pinggir saja. Itu luar biasa dan saya merasa syukur mereka datang untuk mendukung saya,” ujar Ma’ruf setelah menghadiri haul ibundanya, Siti Maimunah, di Pondok Pesantren An-Nawawi, Tanara, Serang, Banten, Minggu (24/3/2019).

Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) itu mengungkapkan, selama 2 hari kampanye di Banten, mayoritas massa kampanye berasal dari ibu-ibu. Hal itu membuatnya makin optimistis untuk memenangi pilpres di Banten.

“Dilihat dari hari ini, ibu-ibunya saja seperti itu. Artinya, sudah banyak, belum kita ngitung suaminya, belum ngitung anak-anaknya, belum menghitung mantunya, belum menghitung keluarga yang lain, saya kira optimislah (menang). Ya saya bilang minimal 60 persen, kalau bisa sampai 70 persen,” katanya.

Ma’ruf juga mengaku telah membagi tugas dengan capres petahana Joko Widodo (Jokowi) yang melakukan karnaval dari Alun-alun Barat Kota Serang menuju Stadion Maulana Yusuf, Serang, Banten.

“Ya memang direncanakan itu (kampanye akbar) yang di Serang. Tadi malam saya sudah di Serang kan. Sebenarnya hari ini pun saya diajak ke Serang. Tapi di sini pun banyak ibu-ibu, banyak juga pengunjung yang harus saya sapa, biarlah Pak Jokowi di Serang dan saya di sini (Tanara),” ungkapnya.

Bersama warga Banten sekaligus memperingati Haul Almarhum Nyai Hj Maimuna Binti KH Moh Romli yang juga ibundanya.

Ma’ruf tAmin sudah datang di Pesantren Tanara sejak Sabtu 23 Maret 2019 malam. Keesokan harinya, Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) nonkatif itu menyempatkan diri berkeliling pesantren menyapa para santri. KH. Ma’ruf Amin Ingin Pesantren Terus Kembangkan Inovasi.

Selain itu, MA’ruf juga mengunjungi deratan stand. Misalnya, stand Kedaulatan Santri (Kesan), Kopi Abah, serta Master C19 Portal KMA yang selama ini turut mensosialisasikan kegiatan KMA.

“Di belakang Pesantren, kami mengembangkan lahan pertanian, juga teknologi inovasi pengolahan sampah. Itu sebagai bagian dari praktek bagi santri untuk lebih mencintai dan menjaga lingkungan hidup,” kata Ma’ruf.

Inovasi teknogi pengelolaan sampah, penataan lingkungan hidup, teknologi pengolahan air minum dan sanitasi terpadu, serta sentra Inkubasi bisnis pesantren itu, juga telah diterapkan di sejumlah pesantren di Indonesia.

“Penataan lingkungan hidup ini sudah diterapkan sejak lama di Pesantren Annawawi Tanara. Kemudian, ketika Abah (Ma’ruf) menjadi Rais Aam PBNU dan Ketua Umum MUI, direplikasi di sejumlah pesantren lain. Mudah-mudahan, ketika Abah terpilih jadi Wapres, bisa diterapkan lebih luas di pesantren-pesantren lain di berbagai daerah,” tutur putra Ma’ruf, Gus Syauqi Ma’ruf Amin.

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top