Property

Keuntungan Investasi Properti Hunian di Kawasan Industri 

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM– Kawasan atau kota industri mengacu pada kawasan khusus yang dibangun dengan konsep area bisnis yang terkonsentrasi dengan bangunan pabrik dan perkantoran untuk tujuan pengembangan industri. Kota industri biasanya terletak di kawasan yang jauh dari pusat kota. Biasanya dilengkapi dengan infrastruktur transportasi yang baik, seperti jalan raya dan rel kereta api serta berbagai fasilitas yang memadai seperti, pusat hiburan, fasilitas komersial, pusat bisnis, dan pengembangan kawasan pemukiman yang juga dibangun untuk memudahkan dan memberikan kenyamanan bagi pekerja dan penghuni yang tinggal di kawasan industri tersebut.

Meskipun banyak yang menganggap kota industri bukanlah kawasan hunian yang ideal karena berbagai alasan, namun saat ini sebagian dari mereka memilih tinggal di kota industri. Berikut beberapa alasan untuk memilih tinggal di kota industri:

1. Efisiensi Waktu, Biaya, dan Tenaga

Tingginya harga-harga dan biaya hidup, serta kepadatan penduduk di Jakarta menjadi faktor pilihan sebagian besar masyarakat untuk tinggal di Jabodetabek. Hal ini menjadikan kota-kota industri yang terletak di sekitar pusat kawasan menjadi solusi yang efisien dan efektif dari perspektif finansial, waktu, dan pekerja. Selain itu, bagi mereka yang bekerja di kawasan industri, hunian yang terletak tidak jauh dengan tempat kerja merupakan dambaan setiap orang, karena dapat menghemat tenaga, waktu, dan biaya saat berangkat atau pulang kerja. Apalagi jika hunian di kawasan industri dibangun dengan pembangunan yang terencana dengan baik yang memberikan kenyamanan bagi penghuninya, maka akan lebih menarik perhatian konsumen lain untuk berinvestasi di kawasan industri tersebut.
Berjarak hanya 30 menit dari Jakarta dan kurang dari 1 km dari gerbang tol Cikupa, Lavon by SwanCity menawarkan konsep smart living dan hunian ramah lingkungan dengan fasilitas eco-corridor di tengah kompleks. Koridor ini dirancang untuk membuka lahan bagi sumber daya penghijauan yang lebih luas dan memungkinkan untuk memproduksi udara berkualitas tinggi. Selain itu, pengembangan koridor hijau yang memisahkan jalur kendaraan dari trotoar ke transportasi umum, jalur layanan publik, dan jalur sepeda, dapat memaksimalkan kenyamanan hidup penghuni Lavon.

Masih di jantung Tangerang New City di Cikupa, Tangerang, Banten yang berjarak 20 menit berkendara dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Daisan, proyek hunian baru yang didirikan oleh Swancity dan Mitsubishi Estate Residence ini menawarkan gaya hidup Jepang yang sangat dikenal karena kenyamanannya yang khas. Penghuni Daisan akan menikmati kehidupan di lingkungan alam yang unik dengan rasio ruang hijau yang tinggi, lebih dari 30 spesies tanaman, 50 pocket parks, dan tiga danau ala Daisan. Daisan menggabungkan kehidupan pinggiran kota dengan semua kenyamanan kehidupan seperti di pusat kota, termasuk kedekatannya dengan Kawasan Pusat Bisnis Tangerang New City, lingkungan yang aman dan nyaman untuk keluarga baru dengan anak-anak, dan ruang hijau yang melimpah siap untuk dieksplorasi.

Masa pandemi COVID-19 telah menginspirasi masyarakat untuk menjalani kehidupan yang layak dimana perumahan juga memegang peranan yang sangat penting. Ini adalah keuntungan bagi merek properti yang menawarkan perkembangan luar biasa untuk hidup, bekerja, dan bermain di lingkungan yang aman, seperti Lavon dan Daisan yang menghadirkan pengalaman hidup yang bermakna melalui konsepnya yang unik dan berkualitas tinggi. Lavon memiliki fungsi penuh sebagai rumah, dengan eco-corridor pribadi, taman, 3-5 kamar tidur dengan ruang utama, dan rumah berspesifikasi tinggi, sementara Daisan – proyek hunian baru – dianugerahi dua penghargaan dalam kategori Best Housing Architectural Design dan Best Landscape Architectural Design Indonesia Property Awards 2020 (IPA). Melanjutkan kesuksesannya ke tingkat Asia, Daisan memenangkan dua penghargaan dalam kategori yang sama di PropertyGuru Asia Property Awards, yang merupakan penghargaan industri real estate paling dihormati dan terkemuka yang menandai daftar perumahan ideal.

2. Prasarana dan Sarana 

Aksesibilitas merupakan faktor penting untuk dipertimbangkan saat memilih rumah. Pembangunan infrastruktur yang memadai di daerah tersebut menjadi faktor penentu naiknya harga sebuah properti di masa mendatang. Infrastruktur yang lengkap dan terintegrasi memberikan peluang bagi investor untuk menghemat biaya karena tidak perlu lagi membangun infrastruktur dari awal. Selain itu, nantinya penduduk di kawasan industri tidak perlu repot bolak-balik ke pusat kota karena fasilitas di kawasan industri sudah lengkap, mulai dari sekolah, rumah sakit, pusat bisnis, pusat perbelanjaan, dan hiburan hingga hotel atau tempat rekreasi.

Lantas, siapa bilang kota industri tidak layak huni? Konsep kota industri saat ini telah mengusung konsep kota baru yang mandiri dan telah melakukan perubahan persepsi dalam menghadirkan kawasan industri yang layak huni dengan berbagai fasilitas yang menjadikannya pilihan terbaik untuk investasi masa depan. Baru-baru ini pada Agustus 2020, Tangerang New City menyambut baik dibukanya Samanea Wholesale Market, solusi rumah dalam satu atap dengan 60 tenant yang menempati lebih dari 240 unit toko. Samanea Wholesale Market yang terletak di Tangerang New City diharapkan mampu memberikan kualitas hidup modern di kawasan barat Jakarta. Hingga saat ini Tangerang New City sendiri telah memiliki beberapa tenant ternama seperti MOR, Happy Home, Happy Coffee, Janji Jiwa, Happy Clinic, Bank Mandiri, dan Telaga Seafood.

3. Investasi Untuk Masa Depan

Dengan segala fasilitas memadai yang tersedia di kawasan industri dan infrastruktur transportasi yang mudah diakses di sekitarnya, wajar jika kota industri memiliki pertumbuhan nilai properti yang tinggi. Berinvestasi di properti hunian seperti rumah atau apartemen di kawasan industri juga berpeluang besar untuk disewakan atau dijual nantinya, karena pasar konsumen yang begitu menjanjikan mulai dari pekerja industri, perkantoran, proyek infrastruktur, hingga ekspatriat dari perusahaan multinasional yang bekerja di daerah industri tersebut. Bayangkan jika separuh dari mereka membutuhkan tempat tinggal atau sewa, maka nilai investasi properti akan terus meningkat dan memberikan nilai tambah bagi pelaku usaha di kawasan industri tersebut.

Lavon by SwanCity, proyek hunian mewah yang terletak di jantung masa depan Tangerang New City, membukukan kinerja yang luar biasa selama pandemi Covid-19 karena mencatatkan pertumbuhan penjualan yang signifikan sebesar 114% pada semester pertama tahun 2020 dan berhasil menjual 150 unit di bulan April saja. Hal tersebut menjadi salah satu bukti bahwa investasi properti residensial di kawasan industri masih sangat menarik dan diminati konsumen.

Diluncurkan pertama kali pada tahun 2017, Lavon Tangerang berhasil menetapkan tolak ukur baru kawasan hunian ramah lingkungan di sektor properti Indonesia. Lebih dari 4.000 pelanggan telah menikmati hunian di rumah mewah dan terjangkau dengan lingkungan yang menakjubkan. Sampai saat ini, Lavon I terdiri dari Seri Tipe A, B, C, D dan E serta Lavon II dengan konsep segregasi tipe Park Home seri F, G dan H tersedia untuk pilihan pelanggan. ***

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top