Nasional

Ketua Umum PAN Tolak Angket Ahok Sekarang

JAKARTA, Ketua MPR RI yang juga Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan menegaskan jika dirinya tidak setuju DPR menggulirkan hak angket atas status Basuki Tjahaja Purnama yang belum dinonaktifkan dari Gubernur DKI Jakarta. Sebaiknya Komisi II DPR minta keterangan Mendagri Tjahjo Kumolo.

“Jika dalam Raker jawaban Mendagri tidak memuaskan, maka DPR bisa mengambil tahapan selanjutnya. Yakni, dengan interpelasi. Nah, jika di tahap interpelasi juga tidak memuaskan, baru diajukan hak angket. Tapi, kalau tiba-tiba hak angket, namanya emosional. Patah di jalan kan percuma juga,” kata Zulkifli Hasan pada wartawan di Gedung MPR RI Jakarta, Selasa (14/2/2017).

Sejatinya kata Zulkifli, secara pribadi dirinya sependapat jika memang seharusnya Ahok dinonaktifkan lantaran sudah menyandang status terdakwa. Namun, tetap saja tidak sepakat kalau hak angket digulirkan saat ini. “Saya tidak sependapat angket sekarang. Tapi kalau saya pribadi berpendapat, dia harus nonaktif.” ujarnya.

Menyinggung 90-an anggota DPR yang telah menandatangani angket Ahok Gate itu, Zulkifli menghargainya sebagai hak mereka. Hanya saja, nanti ada pandangan fraksi secara resmi di paripurna bahwa PAN tidak setuju angket dilakukan sekarang.

“Angket itu adalah hak anggota, kalau spontanitas‎ merasa ini, mendaftar, itu hak mereka. Tapi nanti kan ada rapat Bamus, paripurna, baru disampaikan sikap fraksi, sikap partai, melapor,” pungkasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top