Nasional

Ketua MPR RI Hadiri Workshop Pembangunan Kelautan

JAKARTA, Ketua MPR Zulkifli Hasan mengatakan setelah mengalami masa reformasi selama 18 tahun, banyak sudah kemajuan yang dialami bangsa ini dalam otonomi daerah. Dimana telah dibangun infrastruktur seperti jalan, bandar udara, dan pelabuhan. Sehingga di setiap daerah ada perubahan termasuk yang berdampak bagi nelayan.

Demikian disampaikan Ketua Umum PAN itu pada acara ‘Workshop Nasional tentang Pembangunan Kelautan dan Perikananan’ pada Senin (30/1/2017) di Jakarta.

Meski demikian kata Zulkifli, pembangunan yang terjadi juga menimbulkan kesenjangan. Di banyak tempat sektor modal dan sumber daya alam masih dikuasai oleh segelintir orang. “Kesenjangan ini satu fakta yang belum bisa diatasi, akibat proses pembangunan yang panjang,” ujarnya.
Disebut ada pengkaplingan tambak-tambak udang yang luasnya puluhan hektare. Hal itu menurut Zulkifli bisa menimbulkan kesenjangan. Untuk itu negara mesti hadir dan berpihak pada rakyat yang tertinggal dan tak berdaya.

Sebagai Ketua MPR, dia sering didatangi oleh orang-orang yang bekerja di sektor perikanan dan kelautan. Mereka mengadukan mulai dari perijinan menangkap ikan, tak boleh melaut, dan soal kapal. Peraturan yang melarang itu mulai dari peraturan daerah, peraturan menteri hingga peraturan presiden. “Jadi, penting kita dialog dengan jujur kalau ada masalah. Sehingga pemerintah harus berpihak pada nelayan,” pungkasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top