Nasional

Ketua MPR : Politik Uang Merusak Nilai-Nilai Luhur Pancasila

JAKARTA, Ketua MPR Zulkifli Hasan meminta keharusan adanya komitmen bersama untuk mencegah semakin meluasnya politik transaksional dalam politik. Baik di pemilu maupun pilkada. Sebab, transaksi itu akan merusak sendi-sendi kehidupan berbangsa dan bernegara.

‘Kalau semuanya dinilai dengan uang atau money politics, maka pemimpin yang dihasilkan akan lupa dengan rakyat dan hanya peduli pada golongannya sendiri. Yaitu orang atau kelompok yang memberikan dukungan modal saat mereka ini mencalonkan sebagai kepala daerah atau calon presiden,” tegas Zulkifli Hasan saat pidato kebangsaan di depan ribuan mahasiswa dan civitas academica Universitas Pamulang (UNPAM) di Pamulang, Tangerang Selatan, Jumat (21/8/2017).

Karena itu Ketua Umum PAN itu mengingatkan, Pancasila dan nilai-nilai luhur ke-Indonesiaan yang sudah menegaskan bahwa demokrasi seharusnya menghadirkan kesejahteraan rakyat.

“Jangan sampai demokrasi kita justru menghasilkan kesenjangan dimana yang kaya makin kaya dan yang miskin makin miskin. Maupun kesenjangan antara desa dengan kota di seluruh Indonesia. Karena amanat Pancasila itu adalah senasib sepenanggungan,” ujarnya.

Zulkifli Hasan menyampaikan pesan proklamator Bung Hatta tentang pentingnya membangun kesadaran masyarakat untuk perbaikan dan kesejahteraan. “Saya optimis, dengan sosialisasi Pancasila dan nilai nilai luhur bangsa yang masif ini, insya Allah demokrasi akan semakin berkualitas ,” tambahnya.

Hanya saja kata Zulkifli, tidak bisa MPR bekerja sendirian, tanpa melibatkan dan partisipasi seluruh akademika, mahasiswa dan masyarakat untuk menghadirkan kembali Pancasila dalam kehidupan sehari hari. “Ayo kita hayati dan amalkan Pancasila ini,” pungkasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top