Nasional

Ketua MPR Minta Penyebar Hoaks Corona Ditindak Tegas

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM – Dengan pengakuan badan kesehatan dunia (WHO) yang sampai hari ini mengakui belum mampu mengatasi virus corona atau Covid-19, Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengingatkan pemerintah untuk tidak menyederhanakan potensi ancaman penyebaran virus tersebut.

“Jadi, negara tetap harus meningkatkan kewaspadaan terhadap penyebaran virus corona. Apalagi, WHO mengakui dan mengingatkan jika dunia belum mampu mengendalikan wabah corona itu,” tegas Bamsoet, Senin (2/3/2020).

Menurut Waketum Golkar itu, data penyebaran dan korban meninggal akibat virus corona di berbagai negara di dunia harus dicermati dan menjadi pedoman pemerintah untuk meningkatkan kewaspadaan tersebut.

Selain itu lanjurt Bamsoet, seluruh unsur masyarakat juga harus berusaha semaksimal mungkin, all out mencegah dan menangkal penyebaran virus corona ini. “Semua pihak harus peduli mengingat proses penyebaran dan penularannya begitu mudah dan cepat,” ujarnya.

Karena itu dia mendesak penegak hukum menindak siapa saja yang menyebarkan hoaks tentang penyebaran dan pasien yang terdampak virus corona di Indonesia. “Hingga akhir Februari 2020 bertebaran hoaks tentang penyebaran virus dan pasien terdampak virus corona,” jelas Bamsoet.

Setidaknya kata Bamsoet, informasi-informasi yang tidak akurat terkait corona tersebut ada di enam kota di Indonesia. Untuk itu Bamsoet minta, kementerian Kesehatan konsentrasi melakukan cegah-tangkal itu harus dialihkan sementara untuk mementahkan hoaks tersebut. “Memang hoaks itu harus cepat dimentahkan untuk mencegah kepanikan masyarakat di kota-kota itu,” pungkasnya.

Sebelumnya ada anggota DPD RI dari Dapil Jakarta, Fahira Idris diduga telah menyebarkan hoaks corona tersebut melalui akun twitternya, namun kini sudah dihapus.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top