Nasional

Ketua MPR Minta Pemerintah Tingkatkan Testing Covid-19

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mendorong pemerintah melakukan terobosan dengan meningkatkan pelaksanaan testing covid-19 bagi seluruh masyarakat Indonesia dan agar dilakukan secara berkala, dan memberikan kesempatan bagi warga yang kurang mampu untuk mengikuti tes secara gratis, sehingga upaya penanganan kasus positif covid-19 dapat dilakukan lebih cepat dan tepat.

Hal itu diungkapkan Bamsoet, Selasa (22/12) terkait jumlah testing covid-19 harian tergolong rendah, namun positivity rate atau rasio positif terhadap covid-19 di Indonesia mencapai rekor 27,6 persen pada 21 Desember 2020.

Pemerintah kata Bamsoet juga harus selalu memetakan wilayah-wilayah yang memiliki positivity rate tinggi, dan lebih memaksimalkan upaya penanganan covid-19 di daerah-daerah tersebut. “Pemerintah mesti gencar dalam melakukan upaya tracing dan treatment, sehingga penyebaran covid-19 dapat lebih ditekan,” tambahnya.

Namun demikian kata Bamsoet, pemerintah harus tetap berpedoman pada standar yang ditetapkan oleh World Health Organization/WHO dalam menentukan jumlah testing, yaitu minimal 1/1000 dalam satu pekan, sehingga dengan jumlah penduduk Indonesia yang mencapai 270 juta jiwa, maka pemeriksaan orang harus mencapai 270 ribu jiwa dalam waktu satu pekan.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top