Nasional

Ketua MPR Minta KPU Serius Sikapi Pemilu Luar Negeri

JAKARTA, Ketua MPR RI Zulkifli Hasan menegaskan polemik pemilihan umum di luar negeri (LN) harus mendapatkan perhatian khusus. Karena itu meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Bawaslu bisa menyelesaikan masalah itu hingga tuntas.

“Kasus pemilu di luar negeri perlu mendapat perhatian serius KPU dan Bawaslu. Saya lihat di Australia, Hongkong, Singapura, Malaysia, kok sampai seperti itu,” tegas Zulkifli di Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Senin (16/4/2019).

Karena itu, Zulkifli meminta KPU untuk mengevaluasi pemilu di luar negeri agar menjadi pembelajaran. Sehingga pemilu yang akan digelar Rabu (17/4) besok, harus lebih lancar dari pelaksanaan di luar negeri.

“Jadi, semua harus menjadi evaluasi KPU maupun Bawaslu, agar besok semuanya bisa berjalan lancar dan lebih baik,” ujarnya.

Pencoblosan di luar negeri memang dilakukan beberapa hari sebelum pemungutan suara di dalam negeri pada 17 April 2019, agar hasilnya dapat dihitung serentak.

Namun, Pemilu 2019 di luar negeri juga diwarnai sejumlah kekisruhan dan masalah. Sejumlah masalah itu antara lain surat suara tercoblos di Malaysia, atau berbagai kendala teknis seperti yang dialami WNI di Hong Kong.

Selain itu, ada juga lonjakan pemilih di Sydney, Australia yang tidak dapat ditangani oleh Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) setempat.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top