Nasional

Ketua DPR Minta Pemuda Papua Bangkit Membangun Daerah

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM – Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) meninta generasi muda Papua untuk segera bangkit memulihkan semangat membangun daerahnya.

“Sentimen positif bagi pembangunan berkelanjutan di Papua telah dimulai oleh Presiden Joko WIdodo, sehingga generasi muda Papua harus terpanggil untuk menjaga dan merawat pembangunan daerah,” demikian Bamsoet, Minggu (1/9/2019).

Demi masa depan  Papua, dan dilandasi semangat persaudaraan sebangsa dan se tanah air, Bamsoet menilai generasi muda Papua harus menyudahi kemarahan, serta memulai kegiatan yang produktif dan positif.

“Pulihkan ruang publik sebagai tempat perjumpaan warga untuk kegiatan. Semua fasilitas publik seperti bangunan kantor pemerintah hendaknya dimulai lagi agar fungsi-fungsi pelayanan masyarakat bisa berjalan sebagaimana mestinya,” kata politisi Golkar itu.

Bamsoet memahami jika pemuda Papua marah karena penghinaan sekelompok orang terhadap mahasiswa asal Papua di Malang, Surabaya dan Semarang. Namun, kemarahan itu hendaknya tidak berlarut-larut fan sebaiknya diekspresikan melalui pernyataan keberatan atau laporan kepada pihak berwajib.

“Hindari tindakan anarkis yang pada gilirannya hanya akan merugikan warga,” tambahnya.

Sudah terbukti bahwa sejak 2014, Presiden Jokowi telah membuktikan pembangunan Papua. Bahkan sudah sering kunjungan kerja ke Papua untuk melihat langsung progres pembangunan sejumlah infrastruktur, menyapa serta berdialog dengan warga Papua.

Semua itu menurut Bamsoet, menjadi bukti betapa pemerintah dan Presiden Jokowi bersungguh-sungguh memperhatikan lebih kepada Papua. Hubungan yang harmonis antara warga Papua dengan Presiden pun kata dia, telah dibuktikan ketika Jokowi menang telak dalam pilpŕs 2019 di Papua.

Namun demikian generasi muda Papua perlu menyadari bahwa selalu saja ada upaya untuk merusak hubungan harmonis antara warga Papua dengan pemerintah. Skala unjuk rasa yang besar dan kemudian meluas ke sejumlah kota memunculkan indikasi adanya pihak-pihak yang menunggangi kemarahan warga Papua. “Kecenderungan inilah yang patut diwaspadai,” pungkas Bamsoet.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top