Nasional

Ketua DPR Alami Penyumbatan Oksigen ke Otak dan Jantung

JAKARTA, Setelah menjalani operasi katerisasi jantung di RS Premier Jatinegara, Jakarta Timur, Ketua DPR RI Setya Novanto (Setnov) masih mengeluh muntah, pusing, kembung dan menggigil akibat kekurangan oksigen yang mengalir ke otak dan jatung.

“‎Pasca operasi katerisasi jantung minggu kemarin, bapak ternyata masih mengalami pusing, kembung, menggigil dan muntah akibat kekurangan oksigen yang mengalir ke otak dan jantung,” tutur istri Ketum Golkar itu, Deisti Astriani Tagor pada wartawan di Jakarta, Jumat (22/9/2017).

Mengecilnya oksigen yang masuk ke otak dan jantung tersebut kata Deisti, karena ada pembengkakan di hidung dan tenggorokan. Itulah kata dia, yang mengakibatkan pusing, muntah, dan menggigil.

Sebab, ketika operasi katerisasi itu jantungnya harus istirahat selama 4 hari, dan begitu berfungsi lagi ternyata oksigen yang masuk tersebut masih kecil, sehingga harus dilakukan operasi tahap kedua oleh dokter spesialis tersebut.

Selain itu vertigonya kambuh lagi, dan agar tidak muntah dan pusing tersebut obatnya dimasukkan melalui infus. Sebab kata Deisti, kalau vertigonya kambuh, kepala seolah muter-muter, sehingga dengan obat itu bisa istirahat dan tak boleh banyak bergerak.

Oksigen pun terus dipasang untuk menjaga ritme jantung dan setelah dilakukan analisa terhadap keluhannya dan hasil CT scan, kata dokter sesegera mungkin dilakukan tindakan operasi tahap kedua, akibat penyempitan oksigen di hidung dan tenggorokan tersebut.

“Jadi, operasi tahap kedua harus dilakukan, karena kalau tidak bisa meninggal mendadadk atau sudden death akibat tak ada oksigen. Sudden death itu kematian mendadak yang cukup menakutkan bagi keluarga. Makanya sudden death itu harus dihindari dan jangan sampai terjadi, karena memang tidak bisa diprediksi kapan akan terjadi,” katanya sedih.

Karena itu Deisti memohon doa kepada semuanya untuk kesembuhan Setya Novanto. “Ya, mohon doa untuk semuanya agar bapak segera sembuh,” pungkasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top