Nasional

Ketua DPD RI Belasungkawa untuk Korban Gempa Aceh

JAKARTA, Ketua DPD RI Mohammad Saleh (senator asal Bengkulu) menyampaikan belasungkawa yang sedalam-dalamnya atas gempa yang mengguncang Pidie Jaya, Aceh, pukul 05.03 WIB hari Rabu (7/12/2016) pagi.

Getaran gempa dirasakan di sejumlah kabupaten/kota di Aceh. “Innaa lillaahi wa innaa ilaihi raaji`uun. Gempa Pidie Jaya adalah musibah yang ditimpakan oleh Allah SWT yang harus kita hadapi dengan sikap tawakal,” tegas Saleh dalam keterangannya pada wartawan di Gedung DPD RI, Jakarta, Rabu (7/12/2016).

Karena itu, Soleh mengajak rakyat Indonesia berdoa untuk untuk keselamatan warga Pidie Jaya, seraya memohon ridho Allah SWT agar kita semua selalu dalam rahman dan rahim-Nya. Saleh juga mengajak rakyat Indonesia untuk menyalurkan bantuan keperluan korban seperti makanan, minuman, pakaian, selimut, dan obat-obatan.

Saleh mengharapkan pemangku kepentingan di semua tingkatan untuk berkoordinasi dalam mengerahkan bantuan pencarian dan pertolongan (search and rescue), terutama Basarnas bersama BNPB atau BPBD, serta berkoordinasi dalam mengerahkan personel dan alat-alat berat/ringan.

PMI diharapkan bergerak cepat seperti mendirikan posko, kantong darah, obat-obatan, kantong jenazah, dan menerjunkan personel. Petugas kesehatan (dokter, perawat) juga diterjunkan ke lokasi.

Pemerintah pusat bersama Pemerintah Provinsi Aceh dan Pemerintah Kabupaten Pidie Jaya memperkuat hubungan kerja sama untuk meningkatkan ketahanan masyarakat dalam mengurangi risiko dan dampak bencana serta penyakit, sembari meningkatkan komunikasi, edukasi, dan diseminasi data dan informasi gempa, baik kuantitas, kualitas, kelengkapan, dan kemampuan personil untuk berhasilnya operasi SAR.

Dilaporkan, 18 orang meninggal dan belasan bangunan roboh seperti rumah, kantor, toko, dan masjid, sedangkan infrastruktur jalan, listrik, dan fasilitas umum mengalami kerusakan yang parah. Jumlah itu bisa saja berubah, menginggat petugas masih mendata korban.

Hasil deteksi awal BMKG, kekuatan gempa 6,4 SR. Kemudian, BMKG mengoreksinya menjadi 6,5 SR. Hingga pukul 05.30 WIB, terjadi beberapa gempa susulan yang tren kekuatannya semakin kecil. Sumber gempa di timur laut Pidie tapi tidak berpotensi tsunami. Dugaan BMKG, gempa dipicu aktivitas Sesar Samalanga-Sipopok Fault, yang jalurnya ke arah barat daya-timur laut.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top