Nasional

Kenaikan Dana Parpol Diprioritaskan untuk Pendidikan Politik

JAKARTA, Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan mengapresiasi langkah pemerintah menaikkan dana bantuan partai politik dari Rp 100,- menjadi Rp 1000. Kenaikan itu bisa dimanfaatkan sebagai bentuk tanggung jawab parpol untuk menciptakan kader berintegritas dengan memberikan pendidikan politik.

Di sisi lain, kenaikan tersebut dinilai sebagai bentuk perhatian dan dukungan moril pemerintah terhadap parpol. “Kita tidak melihat besaran jumlahnya kenaikan, tapi ini sebagai apresiasi pemerintah dan dukungan moril terhadap parpol, ” tegas Taufik Kurniawan pada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Selasa (29/8/2017).

Sebagaimana fungsi parpol kata Waketum PAN itu, penggunaan dana parpol untuk pendidikan politik bisa melahirkan calon pemimpin bangsa yang berkarakter dan berintegritas. Terlebih menjelang pemilu terbuka 2019.

Pemanfaatan dana parpol juga berkaitan dengan proses elektoral. Dimana pada tahap pra elektoral, dana itu akan digunakan untuk materikulasi bagi kader menjelang pileg dan pilpres. Sehingga pada saat terpilih, caleg tersebut mengerti apa yang harus dikerjakan sebagai anggota DPR, dan DPRD.

“Kita tidak ingin seseorang dilantik menjadi eksekutif dan legislatif tidak paham terhadap apa yang diamanahkan rakyat melalui pesta demokrasi itu, ” tambah Taufik.

Selanjutnya, pada tahap elektoral, dana tersebut bisa digunakan untuk berkompetisi secara sehat dalam mencari simpati masyarakat terutama untuk pembekalan saksi suara di setiap TPS.

“Ketiga, pasca elektoral, setiap parpol bisa mengamankan suaranya masing-masing melalui kader yang dibentuk, sehingga dana parpol ini menjadi hal yang penting manakala berkaitan dengan kaderisasi dan elektoral,” pungkas Taufik.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top