Headline

Kemenhub Kaji Penerbangan Banyuwangi-Denpasar

BANYUWANGI-Pemkab Bupati meminta Kementerian Perhubungan agar rute penerbangan Banyuwangi-Denpasar dibuka kembali. Penumpang tujuan dua kota itu, demandnya cukup banyak. Karena itu, Pemkab menggarap persiapan untuk pendaratan dan penerbangan malam di bandara Blimbingsari. “Tinggal beberapa hal yang perlu dirilis lagi. Dengan peningkatan keselamatan, kita akan minta malam hari. Kalau malam hari ada yang bermalam di sini, pagi tinggal berangkat,” kata Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas dalam siaran persnya, Rabu (23/11/2016).

Namun begitu Anas mengakui ada kendala soal tempat pengisian bahan bakar. Karena itu Pemkab Banyuwangi mendukung secara penuh untuk secepatnya menyediakan tempat di Banyuwangi. “Nanti kita kasih ruang, untuk buat tempat pengisian bahan bakar. Nanti juga mungkin akan paralel dengan yang lainnya,” ujarnya.

Yang jelas, kata mantan anggota Komisi V DPR, Pemkab meminta rute penerbangan Banyuwangi-Denpasar dibuka kembali. Alasannya industri pariwisata Banyuwangi berkembang pesat, sehingga masyarakat yang berbisnis makin banyak terutama menuju Denpasar.
“Ini kan karena banyak keinginan publik, banyak orang yang ke Denpasar. Kalau normalnya itu susah untuk buka slot time makanya tadi saya sudah memohon ke pak Dirjen supaya dapat slot lagi,” tambahnya.

Anas mengaku Kemenhub agak kesulitan membuka rute tersebut. Namun begitu mendapat respon positif atas permintaan itu. “Saat ini susah. Tapi tadi beliau sudah janjikan dan nanti saya akan kirim surat resmi ke pusat,” ujarnya.

Sebenarnya penerbangan Denpasar-Banyuwangi sudah pernah dibuka dengan rute Surabaya-Banyuwangi-Denpasar. Namun karena imbas meletusnya Gunung Ijen dan Gunung Rinjani di Nusa Tenggara Barat penerbangan dengan rute ini ditutup.

Sementara itu, Dirjen Perhubungan Udara, Suprasetyo mengatakan akan mengkaji kemungkinan pemberian slot time Banyuwangi-Denpasar. Dia menyebut ada beberapa pertimbangan yang harus dimatangkan sebelum jalur penerbangan baru dibuka. “Nanti kami coba evaluasi lagi dan lihat kemungkinan buka slot time ke Denpasar,” ujar Prasetyo.

Prasetyo berjanji membuka penerbangan itu, namun pihaknya sedang melakukan kajian mendalam. “Mungkin nanti kalau sudah verifikasi untuk penerbangan malam, kita bisa masukkan di situ,” paparnya. ***

“Mungkin nanti kalau sudah verifikasi untuk penerbangan malam, kita bisa masukkan di situ,” imbuhnya. (kst/dna)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top