Nasional

Kemdikbud RI Gelar Lomba Penulisan Keluarga

JAKARTA, Pola interaksi dan pendidikan orang tua berpengaruh sangat besar terhadap pencapaian perkembangan anak dalam pendidikan formal. Sebab, penelitian Bank Dunia di 50 Kabupaten di Indonesia menunjukkan interaksi keluarga akan membentuk karakter tumbuh kembang anak di usia dini.

Demikian disampaiakan Direktur Pembinaan Pendidikan Keluarga, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Sukiman, pada wartawan di Jakarta, Selasa (7/2/2017).

“Perkembangan anak sangat dipengaruhi oleh interaksi orang tua ini yang tidak banyak diketahui oleh masyarakat. Jadi tidak hanya pada pendidikan formal justru peran orang tua lah yang utama,” ujarnya.

Untuk mengembangkan pemahaman masyarakat Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (PAUD dan Dikmas) kembali mengajak masyarakat untuk mengikuti lomba jurnalistik.

“Tema tahun ini penguatan peran keluarga dalam pendidikan anak, seperti lomba yang tahun lalu juga pernah kita gelar,” pungkasnya.

Lomba dapat diikuti oleh jurnalis, pengamat maupun masyarakat umum. Namun, tulisan yang dilombakan harus dimuat di media massa cetak maupun elektronik pada tanggal 6 Februari – 19 Juli 2017. Total hadiah yang disiapkan mencapai Rp 226 juta. Tulisan dapat dikirimkan ke lomba jurnalistik.keluarga@kemdikbud.go.id paling lambat tanggal 21 Juli.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top