Market

Kebut Transformasi Digital, Kemenperin Bantu 10 Unit PC Untuk SMK Multimedia Sumbar

Kebut Transformasi Digital, Kemenperin Bantu 10 Unit PC Untuk SMK Multimedia Sumbar
SMK Multimedia mendapat bantuan 10 Unit PC/Foto: Humas Kemenperin

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM-Kementerian Peridustrian (Kemenperin) turut berupaya mendorong percepatan transformasi digital di tanah air, di antaranya melalui dukungan dalam pendidikan vokasi. Salah satu implementasinya dengan memberikan bantuan komputer berkecepatan tinggi untuk pendidikan vokasi jurusan desain komunikasi visual serta jurusan multimedia di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Teknologi Plus Padang, Sumatera Barat.

“Kemenperin memilih Sumatera Barat, khususnya di SMK Teknologi Plus karena kami melihat Sumatera Barat memiliki potensi, banyak talenta muda yang menguasai digital multimedia terutama di dalam konten animasi dan video tiga dimensi,” kata Staf Khusus Menteri Perindustrian, Febri Hendri Antoni di Padang, Jumat (30/9/2022).

Febri menuturkan, sesuai instruksi Presiden, percepatan transformasi digital dengan peningkatan infrastruktur serta diiringi persiapan SDM harus dilakukan. “Hal ini sejalan dengan peta jalan Making Indonesia 4.0 yang diluncurkan oleh Bapak Presiden pada 2018 sebagai upaya untuk meningkatkan produktivitas dan daya saing perekonomian nasional melalui penerapan Industri 4.0,” ujarnya.

Febri berharap upaya yang dilakukan Kemenperin tersebut dapat semakin menumbuhkan industri digital, baik animasi dan multimedia. “Kami berharap upaya ini berkontribusi pada penumbuhan industri digital di Sumatera Barat,” katanya.

Bantuan yang diberikan Kemenperin berupa 10 unit komputer produksi dalam negeri bermerek Zyrex dengan tagline “Bangga Indonesia”. Komputer dengan kecepatan tinggi rilisan terbaru mempunyai RAM 16 GB dengan layar sentuh.

Ketua Yayasan Pendidikan Wira Surya Mandiri Ari Surya Agung menyampaikan terima kasih atas bantuan yang dapat melengkapi fasilitas untuk praktikum siswa serta dapat digunakan untuk pelatihan masyarakat, khususnya yang berminat terhadap DKV. “Bantuan ini juga menambah kualitas fasilitas di SMK Teknologi Plus. Bagi siswa khusus jurusan multimedia tentu terbuka peluang untuk pengembangan bakat dan mengasah kemampuan mereka,” kata Ari.

Ia menambahkan, bantuan dari Kemenperin turut mendukung fasilitas pengembangan animasi di sekolah tersebut, sesuai dengan besarnya bakat dan minat yang ditunjukkan siswa.***

Penulis     :     Iwan Damiri

Editor       :     Kamsari

 

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top