Industri & Perdagangan

KD Ungkap Sejumlah Tantangan Pengembangan UMKM Lokal

KD Ungkap Sejumlah Tantangan Pengembangan UMKM Lokal

MALANG, SUARAINVESTOR.COM-Kontribusi UMKM daerah terhadap perekonomian nasional cukup signifikan. Namun demikian untuk mengembangkan UMKM lokal agar naik kelas cukup berat tantangannya.

“Saya sendiri sekarang ini membina sekitar 400 UMKM, namun memang tidak semuanya bisa survive, jadi perlu mendapat bimbingan,” kata Anggota Komisi IX DPR, Kris Dayanti dalam Forum Komunikasi dan Sosialisasi Kinerja DPR RI Dengan Koordinatoriat Wartawan Parlemen di Hotel Grand Mercure, Jumat (9/6/2023).

Lebih jauh KD-sapaan akrabnya mengungkapkan bahwa tantangan lainnya soal UMKM daerah adalah akses permodalan dan kemampuan sumber daya manusia (SDM). “Masing-masing UMKM ini, kita beri modal sekitar Rp20 jutaan. Dengan bantuan ini diharapkan UMKM bisa terbantu,” ujarnya.

KD yang mengaku asli dari Kota Batu itu menambahkan bahwa UMKM daerahnya lebih banyak menawarkan produk makanan dalam bentuk kemasan, buah-buahan dan kulineran. “Produk khas malang yang di kembangkan mulai keripik apel, keripik nangka, keripik pisang, mangga, rambutan dan lain lain,” paparnya.

Yang jelas, Istri Raul Lemos mengaku tetap semangat untuk mendorong agar UMKM daerahnya bisa naik kelas. “Kita sama-sama bertekad untuk meningkatkan kreativitas wirausaha dan memaksimalkan analisis secara detail potensi-potensi UMKM yang ada di masyarakat,” pungkasnya. ***

Penulis    :   Iwan Damiri

Editor      :   Kamsari

Print Friendly, PDF & Email

BERITA POPULER

To Top