Infrastruktur

Kasus Kebakaran Kilang Pertamina Balikpapan, Publik Berspekulasi Sistem Keamanan Tak Berstandar Internasional

Kasus Kebakaran Kilang Pertamina Balikpapan, Publik Berspekulasi Sistem Keamanan Tak Berstandar Internasional
Anggota Komisi VII DPR Fraksi Partai Demokrat, Sartono Hutomo/Foto: Dok Pribadi

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM-Kasus terbakarnya Kilang Minyak Pertamina minggu lalu menjadi sorotan publik dan menimbulkan banyak spekulasi, meski sudah berhasil dipadamkan. Karena itu kejadian kebakaran tersebut harus mendapat perhatian serius.

“Kejadian yang terus berulang membuat spekulasi dipublik kian menguat bahwa sistem pengamanan kilang Pertamina ini tidak sesuai standar internasional,” kata Anggota Komisi VII DPR, Sartono Hutomo kepada suarainvestor.com di Jakarta, Minggu (6/3/2022).

Lebih jauh Anggota Fraksi Partai Demokrat ini menduga kilang-kilang minyak lama ini banyak yang terurus dan tidak terawat dengan baik.
“Jangan sampai Direksi Pertamina terlalu fokus membangun kilang tercanggih di dunia yang di Balongan dan Tuban, namun kilang-kilang yang lama ini tidak di upgrade teknologi pengamanannya,” terangnya.

Politisi Partai Demokrat ini meminta agar jajaran komisaris dan direksi mencari solusi yang tepat dan jangan sembrono memilih sembarang teknologi.
“Board of Director (BOD) dan Board of Commisioner (BOD) Pertamina harus duduk bersama, lakukan analisis mendalam, jangan sampe dipublik ada kesan memang ini menjadi pembiaran,” ungkapnya lagi.

Lebih jauh Sartono mengakui dalam waktu dekat Komisi VII DPR akan memanggil Direksi Pertamina guna mempertanyakan masalah tersebut secara detail. “Bisa saja kita akan adakan kunjungan spesifik ke Kilang Balikpapan untuk memastikan bagaimana manajemen K3 di kilang tersebut,” imbuhnya.

Sekedar catatan, daftar kebakaran kilang pada 2021:

1. Kebakaran Kilang Cilacap Kejadian terakhir terbakarnya kilang minyak milik Pertamina terjadi pada Sabtu, 13 November 2021, yaitu kebakaran di Refinery Unit (RU) IV Cilacap Tangki 36T-102 milik Pertamina, yang berisi komponen Pertalite sebanyak 31.000 kiloliter, di Lomanis, Cilacap Tengah.

2. Kebakaran Kilang Balongan Kebakaran pertama pada 2021 terjadi di kilang minyak PT Pertamina RU VI Balongan, Indramayu, Jawa Barat. Kebakaran terjadi pada Senin dini hari, 29 Maret 2021.

3.Kebakaran kilang Cilacap Sebelum ada insiden kebakaran pada 13 November 2021, kilang Pertamina di Cilacap juga sempat terbakar pada 11 Juni sebelumnya. Saat kejadian cuaca terjadi hujan deras disertai petir di lokasi. ***

Penulis   :   Iwan Damiri
Editor      :   Kamsari

Print Friendly, PDF & Email

BERITA POPULER

To Top