Nasional

Joni Erizal: Bupati Tgk.Amran Punya Niat Baik Segera Isi Kekosongan Jabatan Wakilnya

TAPAKTUAN, SUARAINVESTOR.COM- Dorongan tentang pengisian Wakil Bupati Aceh Selatan yang sudah lama kosong setelah dilantiknya Tgk. Amran. Muncul reaksi dari berbagai kalangan masyarakat, baik itu yang mendukung atau setuju agar pengisian jabatan Wabup segera terisi.

“Ada juga yang menyatakan tidak efektif sehingga menjadi beban anggaran saja untuk daerah yang sedang dilanda pandemi Covid-19,” ujar mantan Ketua Hanura Aceh Selatan 2012-2015, Joni Erizal kepada wartawan, Kamis (2/9/2021).

Menurutnya, menjadi menarik memang jika analisa yang dilakukan berdasarkan kepentingan politik sehingga mengajak kita untuk ikut berfikir mana yang terbaik. Minimal hal ini sudah membuat masyarakat ikut berfikir untuk daerah penghasil pala itu.

Jika ingin lebih adil dan serius berfikir ketika anggaran daerah yang menjadi alasan, maka seluruh perangkat yang ada tentu menjadi beban anggaran terhadap daerah.

“Jabatan sekda, anggota DPRK, kepala-kepala SKPK, jumlah ASN yang mencapai ribuan bahkan Bupati itu sendiri menjadi beban anggaran untuk daerah,” imbuhnya.

Kemudian, ia mempertanyakan siapa yang akan mengurus anggaran tersebut jika semua dianggap menjadi beban anggaran daerah? “Tentunya kita akan berfikir sebaiknya sekda dan kepala-kepala SKPK yang akan masuk purna tugas biar di PLT kan saja. Bahkan tidak perlu lagi melakukan rekrutmen CPNS untuk beberapa tahun kedepan,” sebut Joni.

Karena itu terlalu kecil mengosongkan posisi jabatan Wakil Bupati sendiri saja yang dianggap akan menghemat anggaran daerah. Mari berfikir positif keuntungan sebaliknya, posisi Wakil Bupati diisi dengan orang yang tepat. “Tentu sangat menguntungkan daerah” antara lain keberadaan Wabup membuat Bupati bisa fokus menggali seluruh potensi anggaran,” terangnya.

Joni menuturkan sebab tugas-tugas kecil lainnya, bisa diwakilkan kepada wakil bupati atau sebaliknya dengan relasi yang dimiliki seorang Wabup baik di Provinsi maupun dipusat, bahkan dengan kalangan politisi, birokrasi maupun pengusaha.

Pasti lebih dapat membantu secara optimal dalam menggali potensi anggaran baik potensi daerah maupun jemputan-jemputan”. ucapnya

Lebih lanjut, Sekjend DPP Penggiat Kader Bela Negara (PKBN) yang pernah sebagai Bendahara Partai Hanura Aceh itu menyatakan Wakil Bupati tentunya membantu meringankan beban kerja seorang Bupati yang hari ini harus bekerja seorang diri membangun Aceh Selatan ini.

Terpenting adalah kita kembali ke regulasi aturan yang ada bahwa wakil bupati merupakan sebuah jabatan yang harus diisi sejauh waktu tersisa masih lebih dari 18 bulan”. Sejauh ini,kita meyakini Bupati Tgk.Amran menyadari dan punya niat baik yang kuat untuk mengisi kekosongan jabatan Wakilnya dimaksud.kata Joni

Selanjutnya, tinggal dari para pihak yang punya kewenangan, punya niat baik atau tidak untuk mencari sosok yang tepat untuk mengisi jabatan yang kosong tersebut.Partai pengusung agar lebih serius duduk bersama untuk pengusulan nama calon yang akan diajukan kepada Bupati dan selanjutna diserahkan 2 (dua) nama yang layak oleh Bupati kepada DPRK agar dipilih dalam Rapat Paripurna.

“Semakin cepat proses ini dilakukan akan lebih baik untuk percepatan atau akselesari pembangunan Aceh Selatan. Mari kita dorong agar calon yang diusulkan punya kapasitas dan potensi yang baik untuk percepatan pembangunan tersebut,” ucapnya

Seterusnya, Joni Erizal menjelaskan sesuai Amanah UU No 11 Tahun 2006 pasal 54 Ayat (3) berbunyi “Apabila terjadi kekosongan jabatan Wakil Gubernur/wakil bupati/wakil walikota sebagaimana dimaksud pada ayat (1) yang sisa masa jabatannya lebih dari 18 (delapan belas) bulan, Gub/Bupati/Walkot mengusulkan 2 (dua) orang calon untuk dipilih oleh Rapat Paripurna DPRK.”

Joni Erizal menjelaskan berdasarkan usul partai politik atau gabungan partai politik, atau partai politik lokal/gabungan partai politik lokal, atau gabungan partai politik dengan partai politik lokal yang pasangan calonnya terpilih dalam pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur, bupati/wakil bupati, dan walikota/wakil walikota.(Naidy)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top