Nasional

Jokowi, Pasola dan Parade 1001 Kuda

SUMBA- Presiden Joko Widodo menjadi bagian dari Parade ratusan kuda sandalwood yang terkenal lincah dan tangguh. Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo menghadiri Parade 1001 Kuda Sandalwood dan Festival Tenun Ikat Sumba 2017 yang dihelat di Lapangan Galatama, Kabupaten Sumba Barat Daya, Rabu (12/7/2017).

Layaknya joki andal, Kepala Negara menjadi satu dari 250 penunggang kuda yang datang dari berbagai wilayah di Pulau Sumba. Parade 1001 Kuda Sandalwood digelar di Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur (NTT), 3-12 Juli 2017.

Acara ini termasuk dalam rangkaian kegiatan Wonderful Sumba Island Festival 2017 yang bertujuan untuk mempromosikan budaya sekaligus pariwisata Pulau Sumba.

Salah satu acara yang menjadi tradisi dan budaya masyarakat setempat adalah Pasola yaitu aksi perang-perangan para penunggang kuda yang datang dari berbagai penjuru di Pulau Sumba.

Puncak acara yang dihadiri Presiden Jokowi, sudah dimulai dari Lapangan Prailiu Rihi Eti sampai Lapangan Swembak, Waingapu (Ibu Kota Kabupaten Sumba Timur), pada 3-4 Juli 2017.

Rangkaian kegiatan dilanjutkan di Anakalang Waibakul, Sumba Tengah, pada tanggal 5-6 Juli. Selanjutnya menuju Waikabubak, Sumba Barat pada 7-8 Juli, dan berakhir di Tambolaka, Sumba Barat Daya tanggal 11-12 Juli 2017. Parade ini juga akan dipadukan dengan Festival Tenun Ikat yang akan diselenggarakan pada tanggal 12-17 Juli 2017 di Sumba Barat Daya.

Turut menyertai Presiden dan Ibu Iriana dalam penerbangan menuju Kabupaten Sumba Barat Daya di antaranya, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Plt. Kepala Sekretariat Presiden Winata Supriatna, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI Trisno Hendradi, Komandan Paspampres Mayjen TNI (Mar) Suhartono, Staf Khusus Presiden Sukardi Rinakit dan Plt Deputi Bidang Protokol, Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden Ari Setiawan.(har/TKP)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top