Nasional

Jokowi Kunjungi Ponpes Tertua di NTB

LOMBOK TIMUR- Disela kesibukannya, Presiden Joko Widodo menyempatkan diri menyambangi Pondok Pesantren Hamzanwadi (Hajji Muhammād Zainuddīn Abdul Madjīd Nahdlatul Wathan Dīniyah Islāmiyah) Anjani. Kepala Negara menyatakan rasa hormatnya kepada keluarga dan pengasuh Ponpes Hamzanwadi hingga dirinya bisa hadir ke pesantren tertua dan terbesar di Lombok, Nusa Tenggara Barat ini.

Seperti Hamka (Haji Abdul Karim Amrullah) yang dikenal sebagai ulama dan tokoh pendidik, Maulana Syaikh Tuan Guru Kyai Hajī Muhammād Zainuddīn Abdul Madjīd juga dikenal sebagai ulama dan tokoh pendidik pula. Pendiri Nahdlatul Wathan bergelar pahlawan nasional ini memiliki sederet gelar dan sebutan yang diberikan langsung oleh masyarakat di NTB.

Syaikh Tuan Guru Kyai Hajī Muhammād Zainuddīn Abdul Madjīd lahir di Bermi, Pancor, Selong, Lombok Timur, NTB pada 5 Agustus 1898 dan meninggal dunia di Pancor, Selong, Lombok Timur, NTB pada 21 Oktober 1997 pada usia 99 tahun adalah seorang ulama karismatis dari Pulau Lombok.

Kepada ahli warisnya, Hajjah Siti Raihanun, putri bungsu almarhum, Presiden Jokowi menyatakan kunjungannya merupakan kunjungan balasan karena Hajjah Siti Raihanun sudah berkunjung beberapa kali ke Istana Kepresidenan Jakarta.

“Beliau hadir terakhir pada 9 November lalu pada saat Almarhum Maulana Syaikh Tuan Guru Kyai Haji Zainuddin Abdul Majid diberikan gelar pahlawan. Beliau hadir pada saat penerimaan anugerah itu,” kata Presiden Jokowi saat berkunjung ke Pondok Pesantren Syaikh Zainuddin Nahdlatul Wathan Anjani di Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, Kamis (23/11/2017).

Presiden Jokowi menyempatkan diri menemui pengasuh dan santri di Ponpes Hamzanwadi Anjani. Kunjungan Jokowi ke sejumlah pondok pesantran dilakukan disela-sela kegiatannya membuka Musyawarah Nasional (Munas) Alim Ulama dan Konferensi Besar Nahdlatul Ulama (NU) yang dihelat di Masjid Raya Hubbul Wathan, Kota Mataram, NTB dan diselenggarakan pada 23 hingga 25 November 2017.

Presiden Jokowi disambut Ketua YPPP Syaikh Zainuddin Anjani, Hj. Sitti Raihanun Zainuddin, Sekretaris YPPP Syaikh Zainuddin Anjani, dan K.H. Lalu Gede Muhammad Zainuddin Atsani. Ratusan santri pondok pesantren juga tak luput menyambut Kepala Negara dengan antusias.

Turut hadir mendampingi Presiden, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki dan Gubernur NTB Tuan Guru Haji Muhammad Zainul Majdi.(nto)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top