Nasional

Jokowi: APBN 2020 Harus Ciptakan Ekonomi Berkeadilan

JAKARTA, Presiden Joko Widodo menekankan, APBN 2020 harus dirancang mendukung peningkatan investasi dan ekspor demi pertumbuhan ekonomi. Karena itu, APBN 2020 harus mampu memberikan stimulus bagi peningkatan ekspor, investasi, dan menjadi stimulus pertumbuhan ekonomi yang berkualitas, yang rata sekaligus berkeadilan

Demikian diungkapkan Presiden Jokowi ketika memimpin rapat terbatas di Kantor Presiden membahas pagu indikatif tahun 2020, Senin (21/4/2019). “Kuncinya, peningkatan daya tahan serta daya saing di ekonomi kita,” jelas Presiden.

Untuk itu, Jokowi mengingatkan, tantangan Indonesia pada 2020 tidaklah mudah. Perekonomian global masih belum menentu dan dinamis. Sehingga dibutuhkan kekokohan ekonomi agar selalu siap menghadapi persoalan.

Presiden meminta kementerian/lembaga meneruskan kerja-kerja teknokratik dalam penyusunan RAPBN 2020. “Rencana anggaran untuk 2020 harus detail dan sesuai dengan prioritas pembangunan, yang juga paling utama harus bisa dilaksanakan dan bisa diukur hasilnya,” ungkapnya.

Sementara itu, terkait rancangan pagu indikatif 2020 itu sendiri, Presiden menekankan agar tetap sejalan dengan apa yang telah dikerjakan tahun-tahun sebelumnya. “Perlu saya ingatkan untuk kesinambungan pembangunan kita harus fokus pada penguatan SDM dan perlindungan sosial, menyambung apa yang kita mulai 2019,” pungkas Jokowi.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top