Nasional

Jimly: GKR Hemas Tak Bisa Maju Calon Pimpinan MPR RI

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM –  Anggota MPR RI dari Kelompok DPD RI Jimly Asshiddiqie menegaskan jika di DPD RI setidaknya ada empat (4) nama yang akan maju sebagai calon pimpinan MPR RI. Keempat itu adalah Jimly Asshiddiqie, Fadel Muhamad, Yorris Raweyai, dan Dedi Iskandar  Batubara.

Jimly Asshiddiqie (DKI Jakarta), Fadel Muhammad (Gorontalo), Yorris Raweyai (Papua), dan Dedi Iskandar Batubara (Sumatera Utara).

“Keempat nama itu yang muncul dan akan diputuskan satu nama pada paripurna DPD RI Rabu (2/10) sore ini. Hanya satu nama yang akan diajukan untuk menjadi wakil pimpinan MPR RI,” tegas Jimly di Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Rabu (2/10/2019).

Tentang siapa nama yang paling kuat, Jimly mengaku akan diputuskan oleh paripurna DPD RI. “Kalau tidak bisa melalui musyawarah mufakat, ya kembali dilakukan dengan voting,” ujarnya.

Bagaimana dengan Gusti Kanjeng Ratu  (GKR) Hemas, menurut Jimly yang bersangkutan sesuangguhnya sesuai Tatib DPD RI, jika GKR Hemas sudah tak bisa maju lagi sebagai calon pimpinan DPD maupun wakil pimpinan MPR RI, karena sudah cacat administratif dan moral.

Mengapa? Karena yang bersangkutan sebelumnya sudah dajatuhkan sanksi oleh Badan Kehormatan (BK) DPD RI yang dipimpin Mervin S. Komber.

GKR Hemas tak hadir fisik sebanyak 85 rapat/sidang, dengan status 80 kali ijin, 1 kali sakit, 2 tanpa keterangan, dan 2 kali datang hanya membubuhkan tanda tangan kemudian pergi. Artinya, prosesntase kehadiran fisik GKR Hemas adalah nol persen.

Setelah diberikan sanksi teguran, status sanksi ditingkatkan menjadi pemberhentian sementara berdasarkan Keputusan BK DPD RI yang disampaikan pada Sidang Paripurna ke-7 Masa Sidang II Tahun sidang 2018 -2019 DPD, Kamis (20/12/2018), seteleh melalui proses sesuai Tata Beracara BK DPD RI.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top