Headline

Jatim Undang Investor Kembangkan Produksi Susu Sapi

SURABAYA-Pemerintah Provisi Jawa Timur menegaskan Jatim merupakan lokasi yang tepat menjadi sentra sapi nasional, terlebih populasi sapi di Jatim 50% dari populasi nasional. Sehingga ke depan impor sapi bisa dikurangi. “Kekurangan kebutuhan susu ini merupakan tantangan sekaligus peluang bagi investor,” kata Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf atau Gus Ipul di Pasuruan, Minggu (12/2/2017).

Berdasarkan data yang diperoleh Gus Ipul, kebutuhan susu di Jatim per harinya sebanyak 2000 ton, sedangkan produksinya hanya 1300 ton. “Ini menunjukkan bahwa sisanya perusahaan masih melakukan impor susu,” tambahnya.

Lebih jauh Gus Ipul minta
bersama peternak dan pengusaha harus bekerjasama untuk meningkatkan kualitas produksi susu. Kerjasama tersebut dinilai penting dilakukan karena mensejahterakan para peternak.

Ia menjelaskan dengan kerjasama yang baik tersebut maka akan mampu memenuhi kebutuhan susu nasional khususnya di Jatim.

Menurut Gus Ipul, kualitas susu sangat dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi oleh sapi dan komponen pakan ini yang harganya masih cukup mahal. Oleh sebab itu Pemprov Jatim membuat program prioritas salah satunya adalah pemberian bantuan minifeedmil.

Selain itu juga dilakukan penguatan kelompok peternak sapi perah, melalui penambahan indukan sapi perah impor dan Inseminasi Buatan (IB), pengendalian dan pemberantasan penyakit hewan menular pada sapi perah, dan peningkatan SDM melalui pelatihan.

Penambahan populasi sapi perah perah impor di Jatim pada tahun 2015 mencapai 486 ekor, imbuhnya. ***

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top