Perbankan

Januari 2022, OJK: Permodalan Industri Perbankan Capai 25,78%

Januari 2022, OJK: Permodalan Industri Perbankan Capai 25,78%
Ilustrasi Transaksi keuangan melalui digital pada sebuah bank/Foto: Anjasmara

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM-Likuiditas industri perbankan pada Januari 2022 masih berada pada level yang memadai. Hal tersebut terlihat dari rasio Alat Likuid/Non-Core Deposit dan Alat Likuid/DPK masing-masing sebesar 156,76 persen dan 34,73 persen, di atas ambang batas ketentuan masing-masing pada level 50 persen dan 10 persen.

Demikian kata Deputi Komisioner Hubungan Masyarakat dan Logistik Otoritas Jasa Keuangan (OJK, Anto Prabowo kepada wartawan, Jumat (4/3/2022).

Dari sisi permodalan, kata Anto, lembaga jasa keuangan juga mencatatkan permodalan yang semakin membaik. “Industri perbankan mencatatkan peningkatan CAR menjadi sebesar 25,78 persen atau jauh di atas threshold,” ujarnya.

Sementara itu, lanjut Anto, industri asuransi jiwa dan asuransi umum mencatatkan RBC yang juga meningkat masing-masing sebesar 530,8 persen dan 311,1 persen yang berada jauh di atas threshold 120 persen. “Begitu pula pada gearing ratio perusahaan pembiayaan yang tercatat sebesar 1,95 kali atau jauh di bawah batas maksimum 10 kali,” terangnya lagi.

Menurut Anto, OJK terus mengamati perkembangan kondisi perekonomian dan sektor jasa keuangan. “OJK bersama Pemerintah dan otoritas terkait lainnya serta para stakeholder terus menjaga menjaga stabilitas sistem keuangan dan mendorong akselerasi pemulihan ekonomi nasional,” pungkasnya. ***

Penulis     :   Iwan Damiri
Editor       :   Kamsari

Print Friendly, PDF & Email

BERITA POPULER

To Top