Nasional

Jadikan Bangsa Besar, MPR: Hentikan Saling Hujat, Bangun Gotong Royong

BANYUWANGI, SUARAINVESTOR.COM-Perilaku saling hujat, caci maki serta mengumpat makin mengemuka di masyarakat Indonesia. Bahkan jagad media sosial penuh sesak dengan sumpah serapah dan kebencian yang saling bersautan. “Padahal, karakter bangsa kita adalah bangsa yang cinta damai, guyup dan saling menolong. Bangsa timur itu memiliki sopan santun dan menyukai budaya gotong royong,” kata Anggota MPR dari Fraksi PPP Anas Thahir dalam sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di Banyuwangi, Selasa (17/11/2020).

Namun faktanya, kata Anas lagi, hampir setiap hari kelompok satu denhan kelompok lainnya terus bersitegang satu sama lain. Masing-masing tidak pernah berhenti saling saling memojokkan. “Padahal kita memiliki Pancasila yang menjadi tuntutan untuk berbangsa dan bernegara,” ujarnya.

Lebih jauh Mantan Wakil Sekjen PBNU ini menyarankan untuk menjadi bangsa yang besar dan kuat, maka harus kembali kepada jati diri bangsa Indonesia yang cinta persatuan dan cinta perdamaian. “Tidak boleh ada kelompok yang merasa paling benar dan paling super,” tegasnya lagi.

Legislator PPP dari Dapil Jatim III meminta agat semua elemen harus menghentikan saling menghujat sesama anak bangsa. Energi kebencian sebaiknya diubah menjadi energi cinta kasih antar sesama. “Hanya dengan cara inilah kita akan mampu melewati kehidupan berbangsa ini dengan baik dan sukses.”

Anggota Komisi X DPR ini menjelaskan gelora dan semangat ke-Bhineka Tunggal Ikaan harus terus ditumbuh-kembangkan untuk merawat persaudaraan sesama anak bangsa. “Kita harus makin cerdas mengelola perbedaan dan keanekaragaman ke dalam satu bingkai kesatuan yang harmoni dan saling membutuhkan,” paparnya lagi

Disisi lain, Anas mendorong agar berbagai elemen memperluas lagi ruang bertoleransi terhadap perbedaan pemikiran antar sesama warga. “Dengan demikian kita bisa semakin optimis menatap masa depan Indonesia yang lebih cerah, makmur dan berperadaban,” pungkasnya. ***

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top