Investasi

Izin Tambang Baru Di Sekitar Proyek SPAM Umbulan Dihentikan

PASURUAN-Demi memperlancar Proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Umbulan, maka Pemkab Pasuruan siap melindungi kawasan sekitar sumber air Umbulan, mulai Winongan, Pasrepan, Lumbang dan wilayah di sekitarnya. “Ada sekitar 14 tambang di sana dan sejak awal saya tegaskan tidak akan ada lagi rekomendasi izin tambang,” kata Bupati Pasuruan HM Irsyad Yusuf di Pasuruan, Kemarin.

Selain itu, kata Gus Irsyad-sapaan akrabnya, sebelum proyek dimulai yakni pembangunan kolam di sekitar lokasi, peningkatan kapasitas pipa untuk mengatasi kekeringan di wilayah atas sumber Umbulan. Makanya perlu segera normalisasi Sungai Rejoso segera dilakukan.
“Kami bukan hanya menuntut hak. Pemkab juga akan melaksanakan kewajiban-kewajibannya diantaranya dengan membuat tandon-tandon air di 5 titik,” ujarnya.

Gus Irsyad menambahkan Proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Umbulan segera dimulai. Peletakan batu pertama (ground breaking) dijadwalkan akhir Maret atau awal April 2017. “Ada keinginan proyek ini segera dimulai. Kalau bisa ground breaking akhir Maret atau awal April. Saya sangat mendukung karena Pemkab Pasuruan selama ini sudah menempuh beberapa tahapan agar proyek ini segera terwujud,” jelasnya.

Namun Gus Irsyad menegaskan ground breaking tidak boleh menyalahi aturan. Ia meminta tahapan sosialisasi maupun kewajiban prinsip diselesaikan dulu, sebelum proyek dimulai.
“Sosialisasi harus lengkap, wilayah tangkapan air harus diperhatikan demi kelangsungan sumber air. Tadi disebutkan Pemprov juga sudah memiliki kajian final wilayah tangkapan air Umbulan,” jelasnya.

Proyek Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) SPAM Umbulan masuk dalam proyek strategis nasional menelan investasi Rp 2,3 triliun.

Proyek ini bertujuan mengalirkan air curah dengan kapasitas produksi sebesar 4.000 liter air per detik dengan jaringan sistem transmisi dari mata air Umbulan ke lima PDAM di Provinsi Jawa Timur, yaitu masing-masing PDAM Surabaya (1.000 liter per detik), PDAM Kabupaten Pasuruan (410 liter per detik), PDAM Kota Pasuruan (110 liter per detik), PDAM Kota Sidoarjo (1.200 liter per detik), dan PDAM Kota Gresik (1.000 per detik). 

Hal ini membuat SPAM Umbulan akan mengoperasikan jaringan pipa transmisi sepanjang 92.3 km melewati 16 titik pasokan. ***

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top