Market

Isoman Hotel Untuk DPR, Anas Thahir: Kondisi APBN Sedang Berat, Jangan Bebani Lagi

dpr.go.id

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM-Kontroversi soal fasilitas Isolasi Mandiri (Isoman) untuk anggota dewan berupa hotel dan lain sebagainya membuat rakyat makin menjauhi DPR. Bahkan berpotensi menjadi kontraproduktif dan menimbulkan kecemburuan sosial.
“Fasilitas isoman untuk anggota DPR yang terkena positif Covid-19 yang dipersiapkan oleh Kesekjenan DPR RI saya nilai kontra produktif dan bisa menimbulkan kecemburuan sosial di masyarakat,” kata Anggota Komisi IX DPR Anas Thahir kepada wartawan, Kamis (29/7/2021).

Politisi PPP ini malah meminta Setjen DPR mengalokasikan anggaran fasilitas  isolasi mandiri (isoman) anggota dewan untuk masyarakat yang terdampak pandemi.

“Anggaran yang diperuntukkan sewa hotel berbintang lebih baik dialihkan untuk keperluan yang lebih penting, yang menyentuh langsung terhadap kebutuhan masyarakat terdampak Covid-19,” kata Anas dalam keterangannya, Rabu (28/7/2021).

Politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu pun mengingatkan bahwa kondisi anggaran negara sedang tidak baik-baik saja. Karena itu, Fraksi PPP tak sepakat dengan rencana Setjen DPR yang ingin memfasilitasi anggota dewan untuk isoman di hotel berbintang tiga. “Karena pada dasarnya semua warga harus memiliki akses yang sama pada fasilitas kesehatan,” tambah dia.

Menurut dia, rencana menyiapkan fasilitas isoman untuk anggota DPR dengan menggunakan anggaran negara akan menambah beban anggaran.

“Kondisi anggaran negara sedang tidak baik, tidak perlu DPR membenani anggaran negara hanya untuk fasilitas isoman,” tegasnya.

Kendati demikian, Anas tetap memberi saran kepada Kesetjenan DPR perihal tempat isoman bagi anggota DPR.

Menurut dia, Setjen DPR dapat memanfaatkan rumah jabatan anggota untuk tempat isoman anggota DPR yang terkonfirmasi positif Covid-19.

“RJA cukup representatif untuk tempat isoman karena memang tidak kontak langsung dengan masyarakat dan memiliki halaman yang cukup luas untuk aktivitas di ruangan tanpa berinteraksi langsung dengan orang lain,” jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, anggota DPR yang terpapar Covid-19 dengan status tanpa gejala dan bergejala ringan kini dapat menjalani isolasi mandiri di hotel.

Fasilitas isolasi di Jakarta itu biayanya ditanggung negara.

Hal itu diketahui dari surat Sekretariat Jenderal DPR tanggal 26 Juli 2021. Isinya mengenai pemberitahuan bahwa Setjen DPR telah bekerja sama dengan dua hotel untuk dijadikan tempat isolasi mandiri bagi anggota dewan.

“Hotel yang kerja sama dengan kami itu di Ibis Grogol dan Oasis di Atrium Senen, kita sudah lakukan MoU tapi tentu kami berdoa ya tidak pernah digunakan tentunya, ini kan untuk prepare saja sebetulnya,” kata Sekjen DPR Indra Iskandar, Selasa (27/7/2021).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top