Nasional

Iran Berduka, Akbar Hashemi Rafsanjani Wafat

JAKARTA, Mantan Presiden Iran Akbar Hashemi Rafsanjani meninggal dunia di Teheran, pada Minggu (8/1/2017). Seperti dilansir kantor berita ISNA dan Fars yang dikutip AFP, Rafsanjani menghembuskan napas terakhir di rumah sakit, setelah menderita serangan jantung. Rafsanjani meninggal dunia di usia 82 tahun.

Semasa hidupnya dia pernah memegang pucuk pimpinan pemerintahan di Iran selama dua periode. Selain itu, dia menjadi figur utama dalam pendirian republik Islam tersebut di tahun 1979.

Selain itu Akbar Hashemi Rafsanjani atau yang juga dikenal dengan nama Hashemi Bahramani adalah seorang politisi dan penulis. Presiden keempat Iran ini dilahirkan pada 25 Agustus1934 di Bahreman, Iran.

Pada tahun 1958 dia menikah dengan Effat Marashi dan dikarunia lima orang anak. Sebelum kabar duka ini tersiar, kantor berita IRNA telah mengabarkan bahwa Rafsanjani dilarikan ke RS akibat serangan jantung. Ayatollah Akbar Hashemi Rafsanjani dilarikan ke rumah sakit di Teheran, beberapa saat lalu, karena kondisi jantungnya.

Beberapa saat kemudian muncul kepastian tentang kondisi terakhir Rafsanjani yang dinyatakan telah meninggal dunia.

Sebelumnya pada Sabtu (11/5/2013), Rafsanjani mendaftarkan diri kembali untuk pencalonan itu. “Dia mendaftarkan diri di menit-menit akhir sebelum pendaftaran ditutup,” kata pihak penyelenggara pemilihan di Iran.

Rafsanjani pernah seiya sekata dengan Ahamdinejad akhirnya justru berseberangan jalan. Rafsanjani terbilang figur publik di Iran. Banyak pihak mengatakan dia disingkirkan pada 2009 lantaran mengkritik terpilihnya kembali Ahmadinejad. Rafsanjani adalah tokoh reformis di Iran.

Sementara itu, tayangan televisi Iran menunjukkan kalau Rafsanjani duduk di tengah kerumunan orang di kantor pendaftaran calon presiden. Pria berusia 78 tahun itu tersenyum dan melambaikan tangan ke arah khalayak. Rafsanjani menjadi presiden Iran pada 1989 hingga 1997.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top