Nasional

Intan Fauzi : Pertebal Semangat Kebangsaan Guna Cegah Paham Negatif

DEPOK-Anggota MPR RI, Hj Intan Fauzi, SH, LL.M menggelar sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika di wilayah di Aula Masjid Nurul Falah, Jalan H. Suaib, RT05/02 Kelurahan Krukut, Kecamatan Limo, Kota Depok, Kamis (21/2/2019).

Acara yang digelar selama kurang lebih tiga jam itu dihadiri 200 peserta yang terdiri dari tokoh masyarakat, pemuda, tokoh agama dan masyarakat umum.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Lurah Krukut, H. Ahmad Subandi, SH, Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Husin Thohir, Ketua RT Sukandi, pemateri Empat Pilar Kebangsaan, KH. Zainuddin Al Bantani dan Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Nurul Falah, Ustad Syahronih. Hadir pula sejumlah mahasiswa dari Universitas Islam Negeri (UIN), Jakarta.

Dalam pemaparannya, Ketua DPP PAN ini mengatakan sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan ini bertujuan mempertebal semangat kebangsaan. Hal ini penting guna membentengi bangsa ini dari paham-paham luar, baik itu liberalism maupun radikalisme yang tidak sesuai dengan budaya bangsa ini.

Saat ini ujar Intan, ada upaya dari segelintir orang yang terus berusaha menyusupkan paham negative tersebut kedalam negeri ini. Karena itu, sosialisasi Empat PIlar Kebangsaan ini digakalan terus agar masyarakat bisa memfilter paham-paham negative itu.

“Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan merupakan amanat Undang Undang. Empat tiang penguat yang sama-sama kuat untuk menjaga dan menjadi panutan dalam keutuhan bangsa Indonesia. Selain itu tiang penyangga yang kokoh (soko guru) agar rakyat Indonesia merasa nyaman, aman, tentram, dan sejahtera, serta terhindar dari berbagai macam gangguan dan bencana,” ujar Intan yang juga Wakil Rakyat Kota Depok dan Kota Bekasi ini.

Caleg Dapil Jabar VI Nomor Urut 2 ini menjelaskan, Pancasila merupakan pilar pertama untuk kokohnya negara dan bangsa Indonesia. Pancasila berperan sebagai pilar kehidupan berbangsa dan bernegara yang terdapat dalam Pancasila harus diyakini bahwa Negara Indonesia merupakan negara yang terdiri dari berbagai suku bangsa dan agama.
“Sehingga dibutuhkan pemikiran dasar yang dapat mengakomodir keanekaragaman tersebut. Pancasila dianggap sebagai pilar bagi negara Indonesia yang pluralistik,” papar Anggota Komisi V DPR RI ini

Sementara itu Lurah Krukut, Kecamatan Limo, H Subandi mengapresiasi kegiatan yang digelar di aula Masjid Nurul Falah, RT 05/02. “Masyarakat harus tahu apa itu empat pilar dan bisa hafal Pancasila. Selain itu, juga harus tahu dan paham dasar negara kita. Saat ini kita diingatkan kembali melalui kegiatan sosialisasi empat pilar ini,” tanggapnya.

Subandi berharap apa yang disampaikan Anggota DPR RI itu dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari agar keutuhan NKRI bisa terjaga.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua LPM Krukut, Husni Tohir. “Kami apresiasi kegiatan ini, mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi masyarakat,” tandasnya.

Dalam kesempatan itu Husni juga menyampaikan beberapa program pembangunan yang sedang dijalankan di wilayahnya.

Dia juga meminta peran aktif dan kontribusi dari Anggota DPR RI khususnya Intan Fauzi untuk merealisasikan bantuan pembangunan di wilayahnya. “Alhamdulillah Ibu Intan telah merealisasikan pembangunan RTLH di wilayah kami,” pungkasnya. ***

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top