Nasional

Indonesia Tuan Rumah AIPA untuk Sejahterakan Rakyat

JAKARTA – Indonesia melalui Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI akan menjadi tuan rumah pertemuan negara-negara AIPA (Brunei Darussalam, Cambodia, Lao People’s Democrat, Malaysia, Myanmar, Philippines, Singapore, Thailand, Vietnam). Pertemuan akan digelar pada Juli 2017 mendatang.

Menurut Ketua BKSAP Nurhayati Ali Assegaf ketika kita menjadi tuan rumah, yang jelas harus bisa bermanfaat. Tidak hanya bagi DPR RI tapi bagi rakyat Indonesia. “AIPA juga disebut dengan Parlemen Regional ASEAN, lewat agenda-agenda yang diselenggarakanya bertujuan untuk mencapai kesejahteraan negara-negara anggota ASEAN,” tegas politisi Demokrat itu di Gedung DPR RI Jakarta, Rabu (22/2/2017).

Karena itu kata Nurhayati, bagaimana kita bisa meningkatkan kapasitas ASEAN untuk bisa mencapai kesejahteraan, yang tidak hanya untuk Indonesia, tapi juga untuk negara-negara ASEAN. “Ini yang kita harapkan. Makanya, Indonesia akan mendorong AIPA bisa menjadikan ASEAN selevel Uni Eropa. Jadi, kita bersatu, kita sudah menjadi masyarakat ekonomi ASEAN,” ujarnya.

Nurhayati mengatakan tema yang akan menjadi tajuk pertemuan adalah keamanan maritim. “Keamanan maritim di regional, itu menjadi tema yang kita bahas,” pungkasnya. Hadir Sekjen AIPA Isra Sunthornvut.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top