Nasional

Ibu Shinta Dapat Gelar Doktor dari UIN Sunan Kalijaga

Ibu Shinta Dapat Gelar Doktor dari UIN Sunan Kalijaga

YOGYAKARTA, SUARAINVESTOR.COM – Istri alm. KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur) Hj. Nyai Sinta Nuriyah memperoleh gelar Doktor Honoris Causa (HC) dalam bidang Sosiologi Agama dari Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Penganugerahan itu diberikan kepada Sinta dalam Rapat Senat Terbuka Penganugerahan Gelar Doktor Honoris Causa (HC) di gedung Prof Dr H M Amin Abdullah (Multipurpose) UIN Sunan Kalijaga (Suka) Yogyakarta, Rabu (18/12/2019).

“Berdasarkan surat keputusan Rektor nomor 239/2019 tentang penetapan doktoranda Hajah Sinta Nuriyah Abdurrahman Wahid M Hum sebagai penerima gelar dokter kehormatan atau doktor honoris causa,” tegas Dekan Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Alim Roswantoro.

Demikian disampaikan Alim saat membacakan SK Rektor UIN Sunan Kalijaga dalam rapat senat terbuka, Rabu (18/12/2019).

Hadir dalam penganugerahan itu sejumlah pejabat, di antaranya Menko Polhukam Mahfud MD, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dan Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Yudian Wahyudi.

Ibu Sinta memperoleh gelar doktor HC setelah menyampaikan pidato ilmiah berjudul Inklusi dalam Solidaritas Kemanusiaan: Pengalaman Spiritual Perempuan dalam Kebhinnekaan.

Semnata itu Mahfud MD dalam sambutannya menyinggung konsep inklusi dalam solidaritas kemanusiaan yang dijadikan judul promosi doktoral istri Gus Dur tersebut dengan mengawali cerita tentang proses eksklusifitas kalangan non muslim di era penjajahan yang menyebabkan banyak umat Islam yang tertinggal dari sisi Pendidikan.

Dimana KH. Wahid Hasyim mencoba mendobrak isolasi peradaban itu dengan mendirikan sekolah2 formal di lingkungan santri. Pak Mahfud MD juga menyinggung konsep Nichomacean Ethics karya Aristoteles yang dibaca Gus Dur muda di sebuah perpustakaan besar di Maroko yang membuatnya selalu berpikir dan bertindak sebagai seorang humanis.

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

BERITA POPULER

To Top