Perbankan

Hingga Mei 2023, Bank DBS Indonesia Kucurkan Pembiayaan Berkelanjutan Rp3,92 Triliun

Hingga Mei 2023, Bank DBS Indonesia Kucurkan Pembiayaan Berkelanjutan Rp3,92 Triliun
Ilustrasi DBS/Sumber Foto: www.ciputraworldjakarta.com

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM– PT Bank DBS Indonesia (Bank DBS Indonesia) telah mengucurkan pembiayaan untuk proyek keberlanjutan (sustainable financing) sebesar Rp3,92 triliun per Mei 2023.

Angka tersebut tumbuh 249 persen sepanjang tahun (year to date/ytd) dibandingkan posisi akhir 2022 sebesar Rp 1,12 triliun. “Jumlah ini terbilang masih minim dibandingkan yang telah disalurkan grup secara keseluruhan,” kata Presiden Direktur DBS Indonesia, Lim Chu Chong di Jakarta, Selasa (18/7/2023).

Lebih jauh Lim menjelaskan, jumlah tersebut masih terbilang kecil lantaran negara lain sudah transisi menuju misi keberlanjutan terlebih dahulu. Sementara Indonesia terus mendorong transisi soal pembiayaan berkelanjutan ini. “Negara lain sudah mulai lebih dulu, jadi industrinya transisi lebih dulu. Kita, regulasinya sudah mulai.” ujarnya lagi.

Lim menambahkan, pihaknya tidak memiliki target rigid terkait besaran pembiayaan berkelanjutan sepanjang tahun ini. Meskipun begitu, Bank DBS Indonesia akan mencoba menyisipkan penawaran untuk transisi menuju keberlanjutan pada setiap permintaan yang datang dari industri.

Sampai saat ini, Bank DBS Indonesia telah menggelontorkan pembiayaan berkelanjutan pada berbagai pihak, salah satunya untuk startup perikanan eFishery yang membangun ekosistem akuakultur berkelanjutan sebesar Rp 500 miliar.

Selain itu, pihaknya juga menjalin kerja sama dengan PT Jaya Bumi Paser yang merupakan bagian dari Indika Group untuk transition financing 27,5 juta dollar AS.***

Penulis : Budiana
Editor   : Budiana

Print Friendly, PDF & Email

BERITA POPULER

To Top