Nasional

Harus Dimunculkan Banyak Figur Capres Alternatif 2024

Direktur Eksekutif Indonesia Political. Review (IPR), Ujang Komarudin/Foto: Anjasmara

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM-Masyarakat diminta lebih cerdas memilih pemimpin masa depan, terutama terkait pengalaman Pilpres 2019 yang lalu. Sehingga pengalaman itu harus menjadi cerminan pada Pilpres 2024 nanti. Pasalnya, kata dia lagi, dengan hanya capres yang berasal dari gagasan yang sama hanya menimbulkan kegaduhan yang tak perlu. “Dua pasangan calon yang bertarung keras di Pilpres 2019, telah melahirkan banyak masalah,” kata Pengamat Politik dari Universitas Al Azhar Indonesia (UAI), Ujang Komarudin kepada suarainvestor.com,  Rabu (17/11/2021).

“Salah satunya keterbelahan masyarakat. Masyarakat jadi terpolarisasi secara tajam. Saling serang dan saling menafikan. Seolah-olah kita kehilangan persaudaraan sebagai sesama anak bangsa,” sambungnya.

Ujang berharap pilpres 2024 nanti banyak memunculkan figur-figur bangsa yang tidak terikat kepentingan pragmatis. “Dan masyarakat memilih pemimpin yang tidak terlahir dari gagasan dan lingkaran usang. Jika masyarakat tak terbelah lagi, mestinya design Pilpres 2024 nanti mesti melahirkan banyak pasangan calon,” ujarnya.

Ujang juga berharap, pilpres nanti tidak hanya diisi figur-figur yang merupakan dari bagian masa lalu. Dan idealnya, kata dia, pilpres 2024 bisa memunculkan lebih dari dua pasangan capres.  “Paling tidak 3 atau 4 pasangan calon. Agar tak terjadi polarisasi dan agar masyarakat banyak pilihan. Masa iya orang hebat di negeri ini banyak, tapi capres dan cawapresnya itu-itu saja. Mesti dimunculkan figur-figur alternatif. Agar tak terlalu kencang pertarungan,” pungkasnya. ***

Penulis   :  Arpaso

Editor     :  Budiono

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top