Market

Harga Minyak Anjlok, Penumpang Pesawat Bisa Melonjak?

Lion Group

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM-Anjloknya harga minyak dunia yang mencapai US$30/barel bisa mendorong penurunan harga avtur. Sehingga bisa berimbas langsung pada penurunan harga tiket pesawat. “Dengan demikian biaya operasional maskapai bisa lebih murah, harapannya tiketnya juga lebih murah,” kata Direktur PT Angkasa Pura I (AP) Faik Fahmi di Jakarta, Selasa, (10/3/2020).

Lebih jauh kata Faik,
harga tiket pesawat yang terjangkau diyakini mampu meningkatkan trafik penumpang ke bandara-bandara. “Kalau tiketnya murah maka AP I juga bisa kecipratan jika trafik penumpang yang datang lebih banyak,” tambahnya.

Sebelumnya harga minyak mentah mengalami penurunan harian terbesar sejak Perang Teluk 1991 pada akhir perdagangan Senin (Selasa 10/3/2020), ketika produsen utama Arab Saudi dan Rusia memulai perang harga yang mengancam akan membanjiri pasokan pasar minyak global.

Minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman Mei merosot 10,91 dolar AS atau 24,1 persen, menjadi menetap di 34,36 dolar AS per barel. Kontrak turun sebanyak 31 persen pada awal sesi menjadi 31,02 dolar AS, tingkat terendah sejak 12 Februari 2016.

Minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman April jatuh 10,15 dolar AS atau 24,6 persen, menjadi ditutup di 31,13 dolar AS per barel. WTI sebelumnya anjlok 33 persen menjadi 27,34, juga yang terendah sejak 12 Februari 2016.

Kemerosotan hampir 25 persen dalam harga minyak memicu penjualan panik dan kerugian besar pada indeks saham utama Wall Street ketika penyebaran cepat virus corona memperkuat kekhawatiran akan resesi global.

Arab Saudi dan Rusia sama-sama mengatakan mereka akan meningkatkan produksi pada akhir pekan setelah pakta tiga tahun antara mereka dan produsen minyak utama lainnya untuk membatasi pasokan gagal disepakati pada Jumat (6/3/2020).

Moskow telah menolak untuk mendukung Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) dalam melakukan pengurangan minyak yang lebih dalam untuk mengatasi penurunan permintaan secara substansial yang disebabkan oleh dampak virus corona terhadap perjalanan dan kegiatan ekonomi.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top